Tips Nurunin Berat Badan Dengan Makanan dan Olahraga yang tepat

 Program menurunkan berat badan untuk Anda yang berat badannya sudah melebihi berat badan ideal sudah menjadi hal yang sudah seharusnya dilakukan. Selain untuk kesehatan tujuan dari program ini adalah agar Anda terlihat lebih menarik dengan berat badan yang ideal.

Saat Anda memutuskan tidak memakan nasi bukan berarti tidak ada kandungan karbohidrat yang menjadi nutrisi tubuh tetapi bisa diganti dengan karbohidrat yang rendah gula namun kaya serat seperti singkong, kentang, unbi-umbian, jagung. Makanan jenis tersebut juga menjadi makanan pokok untuk daerah lain di Indonesia. Cobalah tips nurunin berat badan di bawah ini:

Tips Nurunin Berat Badan Dengan Makanan dan Olahraga yang tepat

Tips Nurunin Berat Badan Dengan Makanan dan Olahraga yang tepat

  1. Pilihlah Makanan Kaya Serat

Jenis makanan ini bisa didapatkan pada beras merah, jagung, buah pir, kubis, brokoli, pisang, alpukat, dan lain-lain. Adapun manfaat dari mengkonsumsi makanan kaya serat di antaranya adalah:

  • Menurunkan berat badan.
  • Membersihkan toksin di dalam tubuh.
  • Mengurangi kolestrol.
  • Membantu proses pembersihan pada saluran pencernaan.
  • Mengurangi penumpukan lemak di dalam pembuluh darah.
  1. Memperhatikan Waktu Makan

Untuk tips nurunin berat badan berikutnya yang diperhatikan adalah waktu makan sehari tetap tiga kali yaitu makan pagi/sarapan, makan siang dan makan malam. Jadi waktu makan tetap namun yang dikurangi adalah asupan makan yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Menghindari Makan Di Atas Jam 6 Sore

Ketika makan malam maka porsi yang dibutuhkan oleh tubuh lebih sedikit dibandingkan makan siang karena kegiatan bisa dikatakan sudah mulai berakhir jadi makanan yang dikonsumsi lebih kepada buah-buahan dan hindari setelah makan langsung tidur biarkan organ tubuh Anda mencerna makanan terlebih dahulu.

  1. Menghindari Camilan Dengan Kadar Gula Yang Tinggi

Salah satu pantangan program diet adlaah menghindari makanan dengan kadar gula yang tinggi. Sebelum mengkonsumsi camilan cobalah baca kandungan gizi yang terdapat pada makanan atau minuman yang Anda pilih. Risiko dari mengkonsumsi baik makanan atau minuman dengan kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan penyakit diabetes, kecenderungan menikmati makan/minum manis, kegemukan, kolestrol, dan lain-lain.  Hindari minuman yang mengandung soda selama menjalani tips nurunin berat badan.

Selain tips di atas bisa dibarengi dengan olahraga di bawah ini:

  1. Cardio

Latihan fisik di mana semua anggota tubuh ikut berkontraksi seperti lari, naik sepeda, berenang, dan lain-lain. Kelebihan dari cardio adalah bisa dipastikan semua otot tubuh sampai dengan pundak ikut bergerak.

  1. Yoga

Penelitian di negara India berkaitan dengan olahraga yoga ini bisa mengurangi gas pada perut sehingga pencernaan bisa lebih lancar dan lemak di posisi perut bisa hilang perlahan-lahan. Olahraga jenis ini lebih mengutamakan kelenturan dan pernapasan. Olahraga yoga ini untuk pemula bisa dilakukan sekitar 10 s/d 20 menit.

  1. Sit-Up Dan Push-Up

Olahraga jenis ini salah satu olahraga yang bisa dilakukan di rumah, di mana untuk hasil yang maksimal olahraga harus dilakukan rutin. Gerakan sit-up dan push-up lakukan masing-masing 10 kali dan setiap hari intensitasnya bisa ditambah sesuai dengan kekuatan fisik Anda. Apabila gerakan ini dilakukan pada pagi hari bisa membantu mengurangi nafsu makan sehingga perut menjadi lebih lama kenyang.

BACA JUGA: Tips Kuruskan Badan Secara Sehat dan Alami

Itulah beberapa tips nurunin berat badan yang bisa dilakukan dengan tetap memperhatikan jenis makanan dan menghindari makanan yang bisa membuat program Anda tidak berjalan sebagaimana mestinya. Program mengurangi berat badan bisa dibarengi dengan olahraga agar bisa lebih cepat memberikan hasil yang maksimal.