Resep Makanan yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi makanan yang tepat salah satu kunci keberhasilan dalam menurunkan berat badan. Makanan paling tepat untuk melancarkan program diet adalah yang sehat sehingga bisa dikonsumsi setiap harinya. Bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai makanan yang baik untuk menurunkan berat badan, akan kami berikan resepnya di bawah ini.

Resep Makanan yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Resep Makanan yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Pilihan Makanan Pokok

Nasi putih memang makanan pokok bagi orang Indonesia tapi mengonsumsinya ketika diet adalah sebuah pantangan. Oleh karena mempunyai tinggi kandungan karbohidrat yang bisa memicu terjadinya penumpukan lemak dan gula di dalam tubuh.

Jika ingin tetap makan nasi boleh saja, tapi ganti dengan nasi merah karena tidak memiliki kandungan karbohidrat yang berlebih, sebaliknya justru tinggi akan kandungan serat.

Selain nasi atau beras, Anda bisa mengganti makanan pokok dengan yang lebih sehat seperti gandum, roti, jagung, dan lain sebagainya.

Pilihan Sayur

Sayuran selalu menjadi makanan yang baik untuk menurunkan berat badan. Maka dari itu selalu disebutkan dalam tips diet, dan apapun yang berhubungan dengan diet.

Beberapa sayuran yang sering disebut sebagai bahan makanan baik untuk diet antara lain, bayam, sawi, wortel, kubis, kol, dan lain sebagainya. Sayuran-sayuran ini dapat meningkatkan kandungan serat yang bisa menambah rasa kenyang meskipun Anda makan sedikit. Lalu memiliki kemampuan untuk mengikat berbagai lemak berlebih yang ada dalam makanan.

Namun jangan terlalu banyak konsumsi sayuran hijau karena bisa menyebabkan beberapa jenis penyakit seperti asam urat. Jadi lebih baik konsumsi sayuran dengan warna lain.

Minyak yang Bisa Dikonsumsi

Diet memang mengharuskan Anda tidak makan makanan yang digoreng karena akan memiliki kandungan minyak yang banyak. Namun ketika merebus makanan pun tidak ada salahnya untuk menambahkan minyak tapi jenisnya bukan minyak goreng. Minyak yang bisa dipilih adalah minyak nabati karena kandungan kolesterolnya sedikit. Misalnya minyak kelapa, minyak kedelai, minyak zaitun, dan lain sebagainya.

Daging untuk Sumber Protein

Jenis daging yang baik untuk dikonsumsi sebagai makanan untuk menurunkan berat badan adalah daging merah seperti daging kambing atau daging sapi. Oleh karena kandungan protein dan lemak di dalamnya dapat menjadi zat berguna bagi pembangunan tubuh. Namun jangan konsumsi terlalu banyak karena akan membuat berat badan menjadi naik.

Susu Rendah Lemak

Jika Anda sangat suka susu dan sulit meninggalkannya maka bisa pilih susu yang rendah lemak. Maksimal 1% lemak. Contohnya adalah susu kedelai. Tidak harus susu yang diminum, bisa juga dalam bentuk olahannya seperti keju, yoghurt, dan lain sebagainya.

Susu tetap dibutuhkan karena punya kandungan fosfor dan kalsium yang dapat membuat tulang lebih kuat.

Berbagai makanan yang baik untuk menurunkan berat badan harus Anda perhatikan resepnya dan jangan disepelekan.

Oleh karena dengan mengonsumsi menu yang benar, asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh Anda bisa lebih maksimal. Apabila gizi tidak didapatkan oleh tubuh Anda dan berada dalam keadaan diet, bisa menyebabkan kondisi tubuh yang lemah. Sehingga justru bisa mengalami berbagai penyakit.

Berbagai resep atau menu yang telah disebutkan di atas harus Anda konsumsi semuanya supaya mendapatkan gizi seimbang. Diet juga tidak selalu membuat Anda harus merasa lapar, ada diet yang bisa membuat Anda tetap bisa mengkonsumsi makanan kesukaan, hanya porsinya harus dikurangi.

Lalu dalam setiap diet Anda harus terus mengonsumsi banyak air putih karena bisa membantu melarutkan makanan yang ada di dalam tubuh. Jika kurang mengonsumsi air maka kesehatan tubuh bisa jadi buruk.

Demikianlah pembahasan mengenai resep makanan yang baik untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Makanan Menguruskan Badan Yang Ada Di Sekitar Anda