Pola Makan untuk Diet yang Baik dan Benar itu Bagaimana?

Saat mengalami kenaikan berat badan, Anda pasti ingin segera melakukan program diet, tetapi tidak boleh asal diet. Anda tetap harus mengetahui dan mematuhi semua hal tentang cara melakukan diet agar tidak mengganggu kesehatan. Selain dapat berkonsultasi pada ahlinya, hal lain yang dapat Anda lakukan adalah mengubah pola makan untuk diet yang baik dan benar.

Pola Makan untuk Diet

Bagaimanakah Pola Makan untuk Diet yang Baik dan Benar?

Mencari Informasi Tentang AKG Harian

Sebelum melakukan diet, Anda harus mencari informasi tentang Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian berdasarkan jenis kelamin, usia, berat badan, tinggi badan, dan keaktifan badan. Setelah itu, Anda akan mendapatkan pilihan kelompok makanan dan porsi yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Mengatur Dan Mematuhi Jam Makan

Meskipun sedang menjalankan program diet, Anda tetap tidak boleh meninggalkan jam makan, seperti sarapan, makan malam, dan camilan. Agar program diet berhasil, Anda harus membuat pola makan dengan mengatur dan mematuhi jam makan, seperti berikut ini.

  • Sarapan
    Menurut sebuah penelitian, sarapan tinggi protein mulai dari pukul 6 hingga 9.45 pagi adalah waktu yang paling baik untuk mencegah timbulnya rasa lapar dan penumpukan lemak. Hasil penelitian ini juga didukung oleh seorang ahli gizi bernama Jim White yang menyatakan bahwa sarapan satu jam setelah bangun tidur menjadi waktu sarapan terbaik.
  • Makan Siang
    Menurut para peneliti, ternyata makan siang yang lebih cepat dapat menurunkan berat badan hingga 25%. Karena itu, agar program diet berjalan dengan lancar, Anda dianjurkan untuk tidak makan siang melebihi pukul 3 sore.
  • Makan Malam
    Waktu yang tepat untuk makan malam adalah pukul 5 sore hingga 7 malam karena makanan yang dikonsumsi sudah selesai dicerna saat Anda ingin tidur. Saat Anda terlelap, badan akan melakukan proses pembakaran lemak dan kalori secara maksimal. Dengan pola makan untuk diet seperti ini, timbunan lemak dapat dihilangkan.
  • Camilan
    Meskipun diet, Anda tetap dapat mengonsumsi camilan dan waktu yang paling baik adalah pukul 3 hingga 4 sore. Anda dapat mengonsumsi camilan sehat berupa biskuit gandum, buah-buahan, kacang-kacangan, salad sayur, atau yoghurt tawar. Hindarilah mengonsumsi camilan yang banyak mengandung gula, lemak, dan kalori, seperti cokelat, kue, minuman bersoda, atau permen.

BACA JUGA: Jadwal Diet Sehat dari Makan Pagi, Siang, dan Malam

Membatasi Asupan Gula, Garam, Dan Lemak Jenuh

Membatasi asupan gula, garam, dan lemak jenuh menjadi pola makan diet yang sangat dianjurkan karena ketiganya menjadi penyebab kenaikan berat badan dan gangguan kesehatan lainnya.

Memilih Makanan Yang Padat Nutrisi

Salah satu menentukan pola makan untuk diet yang baik dan benar adalah dengan memilih makanan yang padat nutrisi untuk menghindari terjadinya masalah pada kesehatan. Meskipun sedang diet, Anda tetap harus mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak tak jenuh dengan kadar yang disesuaikan dengan kebutuhan harian. Jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, dan air putih.

Tidak Meninggalkan Makanan Yang Mengandung Lemak Tak Jenuh

Tidak selamanya lemak yang terkandung di dalam makanan tidak baik bagi kesehatan. Lemak terbagi menjadi dua, yaitu lemak jenuh atau lemak yang tidak baik bagi kesehatan dan lemak tak jenuh atau lemak yang baik bagi kesehatan. Meskipun sedang diet, Anda tetap harus mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh sebagai penambah energi, seperti avokad, ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, dan kacang.

Itulah pola makan untuk diet yang baik dan benar. Menjalankan diet bukan berarti Anda harus meninggalkan salah satu nutrisi yang diperlukan oleh badan. Semua nutrisi harus tetap terpenuhi agar diet Anda berjalan dengan lancar.