Pilihan Menu Diet Sehat 30 Hari dengan Nasi Putih

Saat menginginkan tubuh dengan bentuk ideal, banyak orang yang mencari cara menjalankan program diet dengan memilih menu diet sehat 30 hari dengan nasi putih. Tentunya memilih tubuh ideal bukan semata-mata untuk penampilan. Tapi juga demi kesehatan. Karena memiliki tubuh yang gemuk terbukti berisiko di masa mendatang.

Menu Diet Sehat 30 Hari dengan Nasi

Meninggalkan nasi putih saat program diet sudah menjadi kebiasaan. Seketika nasi putih menjadi momok. Padahal apabila di konsumsi dengan porsi yang tepat berbagai manfaat dapat di rasakan. Beragam menu diet sehat 30 hari dengan nasi putih tanpa siksaan  ini bisa di coba.

Pilihan Menu Diet Sehat 30 Hari dengan Nasi Putih

1. Nasi Sayuran

Nasi putih dalam piring cukup di kurangi dari porsi biasa. Jika dalam kondisi normal menempatkan dua centong nasi putih, maka perlu di kurangi menjadi satu centong. Dalam tahap awal mungkin cukup sulit bagi yang terbiasa makan nasi putih. Ini bisa di latih dengan mengurangi secara bertahap.

Diet sehat bukan hanya perkara mengecilkan pinggang. Perlu menimbang juga nutrisi yang di perlukan oleh tubuh. Nutrisi terbaik saat menjalankan program diet adalah memperbanyak porsi sayur-sayuran.

Hanya saja, olahan sayur terbaik untuk diet adalah di kukus. Sehingga kandungan nutrisi masih tersedia. Sayur yang di anjurkan memiliki banyak serat. Ini untuk menjaga perut kenyang dalam jangka waktu lama. Jenis sayur yang di masak berupa kacang polong, labu siam, brokoli, bayam, kangkung dan kembang kol.

Sayuran yang telah dikukus tadi bisa di sajikan dengan tambahan kecap atau sambal. Hanya saja tambahan bahan pelengkap itu tidak boleh terlalu banyak. Secukupnya saja agar sajian menu memiliki cita rasa.

2. Nasi Daging

Tak hanya nasi putih, daging kerap di hindari saat diet. Tapi, ternyata tak perlu menyiksa diri. Karena konsumsi daging juga masih di perlukan oleh tubuh. Asal tidak terlalu sering. Perlu di ingat, terlalu banyak mengkonsumsi daging malah meningkatkan berat badan. Kandungan lemak dan kalori pada daging terbilang tinggi. Ada syarat tertentu untuk menu diet sehat 30 hari dengan nasi dan daging.

  • Daging Sapi

Untuk melengkapi kebutuhan protein, anda bisa meletakkan olahan daging sapi di atas piring. Pastikan daging sapi bebas lemak. Sehingga pilihan terbaik untuk diet ada pada daging merah.

Olahan daging bisa di panggang atau di rebus. Tentu harus di imbangi dengan sayur rebus. Proses pemanggangan daging yang baik tidak menggunakan minyak atau margarin. Agar lebih berasa, bisa menambahkan lada, bawang putih dan sedikit garam.

Apabila bosan dengan menu yang kering, bisa mengolah daging menjadi sop. Tentu menu ini sudah lengkap dengan sayur. Anda bisa memasukkan sayuran yang telah di kukus saat akan di hidangkan bersama kuah sop. Hanya saja untuk bumbunya langsung di masukkan ke dalam panci saat merebus air. Sehingga tidak berminyak.

  • Daging Ayam

Bagian ayam terbaik untuk diet adalah dada. Pada bagian ini lebih banyak daging dan mengandung protein yang cukup untuk tubuh. Untuk lebih mudah mengolah, bisa memilih langsung dada ayam yang sudah di fillet. Karena olahan berupa gorengan pantangan bagi pelaku diet.

Dada ayam boleh di bumbui dengan bawang, lada, saus dan sedikit garam. Kemudian panggang di oven hingga matang. Menu ayam panggang siap di hidangkan bersama sedikit nasi putih. Tambahkan pula sayur berserat tinggi agar nutrisi terpenuhi.

Cara yang lebih mudah, dada ayam yang telah di marinasi di masukkan ke dalam air fryer. Cara ini cukup sehat karena mengurangi lemak dan air yang terkandung dalam daging ayam. Anda bisa menyantapnya dengan tambahan sambal kecap rawit tanpa garam.

  • Daging Putih

Konsumsi daging putih di dapatkan dari olahan laut, seperti ikan. Ikan bisa di jadikan sumber protein alternatif yang baik untuk tubuh. Ikan kakap dan tuna tergolong rendah kalori dan lemak, sehingga kandungan minyaknya rendah.

Mengolah ikan untuk diet, tetap tidak di anjurkan di goreng. Bisa di panggang atau di rebus saja. Apabila bosan, bisa menambahkan hidangan laut tersebut bersama sop.

3. Nasi dengan Telur

Siapa bilang menu diet sehat 30 hari dengan nasi harus menghindari telur? Justru telur banyak di jadikan pilihan untuk melengkapi kebutuhan protein saat diet. Manfaatnya pun tidak main-main. Bahan makanan ini mengandung lemak sehat dan antioksidan. Maka dari itu, cocok di jadikan menu andalan pada program diet. Selain itu, telur juga mudah di cari dan harganya terjangkau.

Akan tetapi, olahan telur untuk diet harus di masak dengan benar dan sehat. Perlu hati-hati jika menambahkan bahan lain. Bisa jadi malah tubuh semakin melebar, terlebih lagi saat di padukan dengan nasi putih.

  • Telur Goreng

Telur goreng sering menjadi andalan untuk sarapan. Bisa di katakan sebagai menu praktis di saat kepepet. Tentu ini tidak salah, karena kandungan proteinnya sangat baik jika di sajikan saat sarapan bersama nasi putih.

Anda bisa menyajikan sedikit nasi putih dengan telur goreng mata sapi. Hanya saja, tidak di perlukan minyak dan margarin. Anda bisa menambahkan sedikit lada dan bubuk bawang untuk rasanya. Selain itu, telur orak-arik juga tidak membuat bosan. Anda bisa memakannya dengan tambahan sedikit kecap manis.

  • Telur Rebus

Menu praktis lain adalah telor rebus. Jelas ini menjadi pilihan sehat karena tidak di goreng. Boleh di bumbui dengan sedikit lada dan taburan garam saat di sajikan bersama nasi putih. Sajian diet sehat ini akan lengkap dengan tambahan wortel, bayam atau sawi rebus.

4. Nasi Goreng

Nasi goreng yang identik dengan lemak jenuh, bisa di sulap menjadi menu diet. Ketakutan terbesar berasal dari nasi putih yang di panaskan kembali. Tapi, ternyata menu favorit sejuta umat ini bisa di tambahkan dalam menu diet.

Agar gorengan nasi lebih sehat, maka gunakan minyak zaitun atau virgin coconut oil (VCO). Jenis minyak ini mengandung lemak tak jenuh yang tinggi di bandingkan minyak kelapa sawit biasa. Selain itu, biak zaitun atau VCO mengandung antioksidan.

Perlu di tambahkan sayuran dalam menu ini. Pokcoy, sawi, irisan tomat atau selada bisa di ambil manfaatnya. Sehingga tidak hanya sebagai penghias semata. Sayuran juga membuat tektur nasi goreng lebih nikmat di mulut.

5. Soto Ayam pun Juga Termasuk Menu Diet Sehat 30 Hari dengan Nasi

Masakan khas Indonesia yang kaya rempah dan minyak juga dapat di olah menjadi menu diet yang sehat. Bahkan tak ketinggalan dengan nasi putihnya. Salah satunya adalah soto ayam.

Agar lebih nikmat, dada ayam di ungkep dengan bumbu seperti biasa atau di rebus dengan tambahan irisan bawang. Kemudian ayam bisa di goreng dengan minyak kanola atau di tiriskan saja. Bila sudah dingin, suwir ayam yang telah matang tadi.

Untuk membuat kuah soto, bumbu rempahnya tidak perlu di goreng. Langsung di masukkan saja ke dalam rebusan air yang telah mendidih. Ingat, tanpa garam dan gula agar tetap sehat! Menu ini cukup lezat, sehingga tak perlu tersiksa saat menjalankan program diet.

Menu diet sehat 30 hari dengan nasi putih bukanlah hal yang perlu di takuti. Anda hanya perlu menakar porsinya dengan tepat. Nasi putih bisa di tambahkan dalam menu makan pagi atau siang. Sebisa mungkin porsinya di kurangi, perbanyak lauk dan sayur. Sebelum menjalankan diet, perlu berkonsultasi dengan dokter ahli. Karena kebutuhan tiap orang berbeda.