Menu Makanan Diet Sehat Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Bicara soal menu makanan diet sehat menurunkan berat badan, pasti Anda akan lebih banyak memilih bahan-bahan alami yang tidak mengandung komposisi kimia berbahaya. Misalnya saja sayur dan buah organik, hewan ternak yang dikembangbiakkan secara alami, dan sebagainya. Lalu, apa saja menu yang recommended? Berikut ulasannya.

Menu Makanan Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Ini Dia Menu Makanan Diet Sehat Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Menu Makanan Mengandung Karbohidrat

Salah satu jenis makanan alami yang bisa menjadi menu makanan diet sehat menurunkan berat badan adalah beras merah dan beras hitam. Banyak orang yang masih mengkonsumsi beras putih dengan banyak kandungan untuk menggemukkan. Namun, komposisinya jauh berbeda ketika berbicara soal red rice dan black rice.

Tidak seperti beras putih yang bisa tumbuh dengan banyak pestisida, beras merah dan beras hitam sulit tumbuh dengan kondisi tersebut. Bahkan beras hitam harus ditanam secara organik sehingga tentu lebih sehat karena bebas pestisida. Keunggulan dari beras merah dan hitam adalah bisa mengontrol penyakit diabetes, mencegah obesitas, mengurangi potensi Alzheimer, dan menekan kadar kolesterol.

Kentang dan alpukat juga menjadi menu makanan diet sehat menurunkan berat badan yang bisa diperoleh secara alami. Aneka olahan alpukat tanpa tambahan gula akan bisa memaksimalkan proses pencernaan karena kandungan lemak baik dan karbohidratnya. Alpukat juga bisa dimakan sebagai camilan penunda lapar yang sehat dan tidak menimbulkan risiko kegemukan.

Jika ingin variasi lain dari menu makanan berkarbohidrat tinggi, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk makan labu dan ubi. Ubi mengandung karbohidrat dan gula alami yang bisa memaksimalkan kinerja ketika diet. Jadi, Anda bisa terbebas dari rasa lemas berlebihan akibat diet.

Menu Makanan Mengandung Protein

Selain telur ayam kampung yang terkenal bisa membantu menambah jumlah energi tanpa porsi makan tambahan, ada juga makanan lain yang mengandung banyak protein. Misalnya tempe, tahu, serta olahan kacang kedelai lain seperti susu. Menu makanan diet sehat menurunkan berat badan ini akan bisa mengganjal perut yang lapar sehingga tidak sering makan atau ngemil berat.

Olahan camilan dengan menggunakan tempe dan tahu pun sekarang semakin menjamur. Mulai dari brownies, jus, dan pizza semuanya bisa dikombinasikan dengan bahan-bahan berportein tinggi yang bisa membuat proporsi tubuh lebih ideal. Bahkan sekarang banyak orang menggandrungi es krim tempe yang dipadukan dengan buah-buahan.

Menu Makanan Mengandung Serat

Serat tidak hanya diperoleh dari sayuran hijau, tetapi juga buah-buahan segar. Buah yang banyak mengandung serat misalnya bengkuang, bit, atau apel. Sedangkan untuk sayurannya, hampir semua sayuran hijau mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan. Mulai dari bayam, kangkung, sawi, hingga wortel bisa digunakan sebagai variasi menu tinggi serat baik untuk main course maupun hidangan pendamping dan camilan.

Agar tidak kekurangan serat, maka pastikan untuk membuat jadwal menu di awal bulan sehingga lebih mudah dalam menentukan jenis sayuran apa yang akan diolah menjadi makan pagi, siang, dan sore. Sebaikya hindari makan malam di atas pukul 6 sore agar proses metabolisme lebih lancar.

Buah lain yang mengandung banyak serat adalah kurma. Kurma tidak hanya bisa dijadikan camilan tetapi juga makanan pendamping main course. Bukan hanya dengan dimakan langsung, tapi infuse water dari kurma yang sangat mudah dibuat pun bisa menambah enegri yang berasal dari gula alami.

Cara membuat infuse water dari kurma adalah dengan merendam 7 sampai 11 butir kurma yang sudah diambil bijinya dalam 600 ml air. Lalu biarkan dan minum infuse water tersebut untuk memaksimalkan menu makanan diet sehat menurunkan berat badan tanpa lemas dan kehilangan tenaga.

BACA JUGA: Daftar Menu Diet Sehat yang Aman Dikonsumsi Tubuh