Menu Diet Sehat Dan Cepat Tanpa Nasi

Semua orang suka makan nasi karena untuk orang Indonesia nasi menjadi makanan pokok yang hampir dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat. Sehingga ada yang mengatakan jika belum makan nasi itu artinya belum makan. Namun kini mengkonsumsi nasi yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan kegemukan dan penyakit lainnya. Oleh karena itu, kini menu diet sehat dan cepat tanpa mengkonsumsi nasi sepertinya menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Menu Diet Sehat Dan Cepat Tanpa Nasi

Seperti yang kita ketahui karbohidrat yang tinggi terdapat dalam nasi sehingga sebagian orang yang diet mengganti nasi dengan nasi merah. Program diet tanpa nasi ini bisa mengurangi kalori sebesar 500 s/d 600 kkal per hari itu artinya berat badan akan lebih cepat berkurang dibandingkan Anda masih mengkonsumsi nasi.

Ketika Anda memutuskan untuk diet tanpa nasi maka cobalah menu di bawah ini untuk satu minggu ke depan.

Menu Diet Sehat Dan Cepat Tanpa Nasi

Hari Senin

Buah-buahan menjadi menu di hari pertama yang bisa dikonsumsi baik untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Buah-buahan sangat baik untuk diet karena memiliki kandungan serat yang lebih tinggi. Adapun cara mengkonsumsi buah-buahan tersebut bisa dengan cara:

  1. Langsung dimakan.
  2. Dibuat jus.
  3. Smoothies

Yang harus diperhatikan adalah tidak ada tambahan pemanis baik dalam bentuk gula ataupun susu.

Hari Selasa

Di hari kedua ini Anda bisa membuat menu diet sehat dan cepat dalam bentuk sayuran terutama sayuran berwarna hijau ditambah karbohidrat namun bukan nasi yang dikonsumsi. Misalnya saja menu salad sayur dengan kentang yang sudah dikukus. Makanan jenis ini sehat dan cocok untuk program diet Anda.

Hari Rabu

Jenis makanan yang dikonsumsi hampir sama dengan hari Selasa namun hanya mengubah menu dengan sedikit berbeda agar Anda tidak bosan.

Seperti gado-gado atau pecal ditambah dengan kentang rebus yang kaya akan jenis-jenis sayuran dan yang harus dikurangi adalah bumbunya. Kacang-kacangan rebus sangat baik menjadi tambahan karena protein nabati yang terdapat pada kacang bisa menambah nutrisi tubuh selama diet.

Hari Kamis

Kombinasi sayuran dan buah ditambah dengan karbohidrat selain nasi bisa dicoba sebagai menu diet sehat dan cepat di hari Kamis. Menu jus buah tanpa pemanis ditambah dengan salad dan jagung rebus menjadi makanan yang mudah disajikan jangan lupa teh hijau hangat. Anda tinggal mengatur makanan tersebut baik untuk sarapan, makanan siang dan makan malam.

Hari Jum’at

Makanan andalan masih dengan kombinasi sayuran, buah ditambah protein hewani atau nabati. Protein nabati bisa dikonsumsi dari tempe atau tahu, kedua jenis makanan tersebut mengandung protein yang baik untuk diet Anda sedangkan protein nabati bisa diperoleh dari pepes ikan emas yang bisa menjadi menu yang berbeda dari hari-hari sebelumnya.

Hari Sabtu

Sebagai pengganti nasi cobalah pergedel kentang dan sup ayam dengan catatan ketika proses membuat sup ayam dengan daging harus bersih tanpa kulit untuk mengurangi jenis lemak yang dikonsumsi oleh tubuh.

Hari Minggu

Di hari ketujuh Anda bisa menikmati susu rendah lemak, singkong, jagung sebagai pengganti nasi. Ikan laut seperti sarden atau salmon yang kaya protein bisa menjadi menu makan malam Anda dan untuk minum bisa ditambah dengan wedang jahe tanpa gula.

BACA JUGA: Makanan Diet Cepat Menurunkan Berat Badan, Hanya 1 Minggu!

Menu diet sehat dan cepat selama satu minggu di atas bisa dibuat dengan lebih bervariasi untuk minggu berikutnya dengan menu tanpa nasi yang harus tetap dipertahankan.