Menu Diet Alami yang Tidak Membosankan

Semua orang memiliki keinginan mempunyai badan yang sehat serta ukuran badan yang proporsional. Namun begitu, untuk mencapai kondisi ideal tersebut tentu membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Salah satunya adalah dilakukan dengan diet. Sayangnya, banyak orang sulit melaksanakan diet karena sering muncul rasa bosan dalam menyantap asupan yang dianggap monoton. Padahal dengan pemilihan menu diet alami yang tepat, program diet yang dijalankan bisa terasa menyenangkan dan tidak membuat Anda kehilangan selera makan.

Menu Diet Alami yang Tidak Membosankan

Sebab, dalam program diet Anda juga harus tetap mengonsumsi makanan terutama makanan yang mengandung gizi seimbang. Hal ini karena bagaimana pun juga, tubuh akan tetap memerlukan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh guna menunjang aktivitasnya. Diet tanpa diimbangi dengan asupan gizi serta nutrisi yang cukup, hanya akan membuat Anda kehilangan berat badan saja. Namun, kondisi tubuh yang kekurangan asupan gizi dan nutrisi akan membuat Anda justru menjadi lemah serta mudah terserang penyakit.

Pemilihan Menu Diet Alami

Bosan terhadap menu yang itu-itu saja. Inilah alasan klasik yang sering dikemukakan oleh mereka yang gagal melanjutkan program dietnya. Padahal, diet bukan berarti mengekang pola makan seseorang. Dengan memilih menu selama program diet berlangsung, Anda bisa menikmati diet tanpa harus merasa bosan karena menganggap menu yang ada selalu monoton.

Anda bisa mengatur jadwal menu diet alami selama seminggu sebagai variasi agar tidak muncul rasa bosan. Yang paling penting, semua menu yang dibuat haruslah tetap mengandung unsur kesehatan dan tidak terdapat jenis makanan yang memang dilarang dikonsumsi selama program diet berlangsung.

Contoh pemilian menu diet alami selama seminggu adalah:

  1. Hari pertama, Anda bisa mengonsumsi diawali dengan buah yang ringan dan berair. Contohnya anggur, pir, apel atau mangga. Sepanjang hari, konsumsilah buah-buahan yang memiliki kandungan air cukup banyak, selain pisang. Makanlah hingga terasa kenyang. Jangan lupa, minum yang cukup agar tidak dehidrasi.
  2. Hari kedua, dengan target penurunan berat badan 7 kkilo selama seminggu. Maka Anda bisa mengonsumsi sayuran terutama yang Anda sukai. Sayuran ini bisa diolah maupun dimakan mentah. Namun, jangan mengolah dengan cara menggoreng atau menumis sayuran tersebut.

Guna memenuhi kebutuhan akan karbohidrat, maka Anda bisa memilih kentang untuk pengganti nasi. Kentang tersebut bisa dimasak dengan cara direbus atau dikukus. Minum pula air putih minimal 8 gelas sepanjang hari guna mencegah dehidrasi.

  1. Memasuki hari ketiga, Anda bisa mengonsumsi menu yang lebih beragam. Contohnya dengan mencampur buah dan sayuran sebagai asupan. Menu ini bisa dikonsumsi lebih dar 3x sehari apabila Anda masih merasa lapar. Pada hari ketiga, jangan makan kentang dan pisang apabila target Anda adalah turun 7 kilo.
  2. Saat inilah, Anda bisa mengonsumsi pisang dan susu menjadi berbagai olahan selama tidak digoreng.
  3. Memasuki hari kelima, Anda bisa memilih menu diet alami dengan mengonsumsi 5 sendok makan nasi. Sebagai tambahan, bisa pula konsumsi 7-8 potongan tomat mentah atau yang sudah direbus. Konsumsi nasi hanya boleh 2 kali dalam sehari. Namun sebaiknya tidak dikonsumsi pada malam hari.
  4. Protein nabati dan hewani boleh dikonsumsi pada hari keenam. Misalnya tempe, daging serta bisa ditambah 5 sendok nasi. Ingat, semua menu tidak boleh digoreng.

Pada hari terakhir, Anda bisa memilih menu diet alami dengan makan 5 sendok ansi ditambah sayuran dan buah segar. Minumlah jus buah untuk proses detoksifikasi. Sebelum tidur, minumlah air putih agar bisa nyaman beristirahat.

Baca Juga: Tips Menurunkan Berat Badan dalam Seminggu yang Menyenangkan