Jadwal Makan Diet Sehat Agar Tubuh Ideal Sesuai Impian

Sudah berusaha diet sekuat tenaga namun berat badan tidak pernah turun. Coba lihat kembali jam makan Anda selama ini, jangan sampai ada yang salah dari jadwal makan diet sehat yang sudah dilakukan selama ini. Agar Anda bisa mendapatkan tubuh yang ideal tidak terlalu gemuk tapi tidal terlalu kurus.

Jadwal Makan Diet Sehat

Mari kita lihat seperti apakah jadwal makan diet sehat yang baik untuk tubuh Anda:

Jika Anda berpikir yang namanya diet cukup makan sekali dalam satu hari adalah hal yang keliru. Diet yang salah akan berakibat pada kesehatan Anda sehingga imunitas tubuh menjadi menurun dan lebih mudah terkena penyakit darah tinggi. Tentunya bukan hal itu yang Anda harapkan dari program diet tersebut bukan?  Yang dilakukan adalah makan seperti biasanya namun porsi maupun jenis makanannya yang harus diperhatikan.

Makan Pagi/Sarapan

Pada pagi hari cobalah untuk memilih makanan yang memilki protein yang tinggi di mana pada jam 6 s/d 9.45 adalah jadwal makan yang paling tepat agar tidak terjadi lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

Apabila selama ini Anda terbiasa makan nasi maka cobalah ganti dengan roti atau oatmeal bisa ditambahkan dengan susu. Cukup sarapan dua roti gandum untuk penambah citarasa bisa dengan menambahkan kacang atau selai buah, sedangkan untuk mentega dan selai cokelat kurang pas untuk program diet Anda. Sarapan oatmeal cukup dua sampai dengan tiga sendok sebagai menu sarapan Anda.

Makan Siang

Cobalah makan siang lebih awal karena berdasarkan peneliti dari The American Journal of Clinical Nutrition, lebih efektif mengurangi berat badan Anda dibandingkan makan siang yang terlalu sore. Bahkan berat badan bisa turun 25% maka usahakanlah makan sebelum jam tiga sore berdasarkan penelitian International Journal of Obesity. Kurangi ngemil pada sore hari karena itu tidak akan baik untuk program diet Anda.

Ada baiknya Anda memilih nasi merah sebagai menu makan siang namun apabila kesulitan mendapatkannya bisa dengan nasi putih. Kelebihan nasi merah ini lebih mengenyangkan dari nasi putih karena itu nasi merah sangat cocok untuk Anda yang sedang diet. Porsi makan sebaiknya dikurangi setengahnya. Kandungan karbohidrat harus tetap sesuai dengan porsi yang dibutuhkan oleh tubuh. Lauknya bisa telur, tempe, tahu atau daging ayam kampung jangan lupa menambahkan sayuran berwarna hijau seperti bayam, kangkung, sawi, dan lainnya. Sehingga makan siang Anda terasa lebih mengeyangkan karena siang hari biasanya lebih banyak aktivitas maka asupan nutrisi tubuh pun sudah seharusnya sesuai dengan porsi diet.

Makan Malam

Waktu yang paling tepat untuk makan malam adalah sekitar jam 5 sore s/d jam 7 malam. Tujuannya adalah ketika Anda hendak tidur maka makanan sudah dicerna oleh tubuh namun jika Anda makan di atas jam 7 malam maka tubuh masih mencerna makanan sehingga kalori dan lemak tidak dapat diolah dengan sempurna.

Menu makan malam lebih kepada buah-buahan namun untuk buah alpukat dan durian sebaiknya dihindari karena tidak sesuai dengan program diet Anda. Kedua buah itu mengandung lemak yang tinggi, sebaiknya lebih mengkonsumsi buah apel, melon, pisang, pepaya, dan semangka. Buah tersebut mengandung air sehingga proses pencernaan di dalam tubuh bisa lebih lancar dan Anda tidak terkena dehidrasi.

Demikianlah jadwal makan diet sehat yang bisa Anda praktekkan di dalam kehidupan sehari-hari. Untuk hasil maksimal dibutuhkan kedisiplinan mengatur jadwal diet. Tetap optimis agar tubuh ideal bisa Anda dapatkan. Dan jalani program smart detox agar jadwal makan diet sehat anda tidak berantakan.