Jadwal Diet Sehat dari Makan Pagi, Siang, dan Malam

Memiliki jadwal diet sehat adalah awal dari keberhasilan program pengaturan pola makan. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka kesehatan dan keseimbangan nutrisi adalah hal yang utama. Oleh karena itu, jangan lupakan sarapan dan olah menu makanan menjadi lengkap dan sempurna sesuai kebutuhan jika dilihat dari faktor usia, jenis kelamin, aktivitas dan sebagainya. Berikut adalah contoh yang bisa dijadikan rekomendasi untuk menu pagi, siang dan malam.

Jadwal diet sehat

Jadwal Diet Sehat dari Makan Pagi, Siang, dan Malam

Sarapan Pukul 07.00

Jadwal diet sehat yang tepat adalah sarapan pagi pukul 07.00. Jika tidak bisa dilakukan, maka Anda dapat memajukan atau memundurkannya tetapi jangan terlalu siginifikan karena berhubungan dengan aktivitas otot organ pencernaan dan kesiapannya dalam mengolah makanan. Menu yang sesuai dengan kalori rendah adalah 1 butir telur ayam kampung rebus ditambah 1 cup oatmeal.

Menu tersebut sangat sesuai untuk membuka hari Anda. Asupan nutrisi dan tenaga akan lebih maksimal dari oatmeal dan protein yang diperoleh dari telur ayam kampung. Kandungan seratnya pun sangat pas untuk memaksimalkan kinerja organ pencernaan ketika mengawali aktivitasnya di pagi hari.

Snack Pagi Pukul 10.00

Organ pencernaan manusia akan selesai bekerja dalam kisaran waktu 2-3 jam. Jadi, jangan lupa untuk mengisi perut dengan camilan yang sehat ketika waktu telah menunjukkan 2 sampai 3 jam setelah makan. Sebagai contoh, jika Anda makan pagi pukul 07.00 maka bisa melanjutkan snack pagi pukul 10.00 dengan menu 1 buah apel ukuran besar atau buah pir.

Makan Siang Pukul 13.00

Jadwal diet sehat yang berikutnya adalah makan siang pukul 13.00. Ketika makan siang biasanya Anda sedang berada di tengah aktivitas. Jadi jangan melupakan jadwal makan ini karena Anda tentu masih membutuhkan tenaga untuk setengah hari ke depan.

Adapun jenis makanan yang dikonsumsi antara lain 1 ons dada ayam kukus, 1 cup nasi merah, dan 1 cup sayur. Sebaiknya pilih sayuran yang mempunyai kandungan serat tinggi agar pencernaan lebih lancar. Supaya tidak sampai salah makan, pastikan untuk membawa bekal dari rumah atau memilih tempat catering yang sehat.

Snack Sore Pukul 16.00

Sore hari selepas bekerja atau mengerjakan aktivitas lain maka pastikan untuk kembali mengisi perut dengan makanan ringan yang sehat. Jadwal diet sehat untuk snack sore adalah sekitar pukul 16.00 dengan menu sedikit lebih berat daripada snack pagi. Anda bisa mengkonsumsi 1 potong roti gandum utuh dan 1 potong ikan bakar. Sebaiknya jangan membakar menggunakan mentega, gantilah dengan sedikit margarin.

Makan Malam Pukul 19.00

Ketika malam tiba, tentu perut akan terasa lapar setelah seharian melakukan berbagai aktivitas menyita waktu. Oleh karena itu, Anda dapat memilih menu sederhana yaitu 1 ons dada ayam suwir dengan 1 cup sayuran. Untuk makan mala mini sebaiknya pilih sayur yang lebih ringan disbanding ketika makan siang. Misalnya wortel, tomat, atau mentimun.

Minum Susu Tinggi Protein Pukul 21.00

Anda bisa mengkonsumsi susu tinggi protein tetapi rendah gula pada pukul 21.00 atau sebelum tidur. Mengapa demikian? Karena ketika ingin menurunkan berat badan tentu Anda tidak bisa begitu saja menghilangkan karbohidrat tanpa pengganti yang sesuai.

Oleh karena itu, jangan lupa menambahkan waktu minum susu pada jadwal diet sehat yang Anda buat. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan kinerja otak dan sel-sel tubuh lainnya. Protein sangat dibutuhkan untuk regenerasi sel sehingga bisa membantu melancarkan metabolisme tubuh.

BACA JUGA: Menu Makanan Diet Sehat Menurunkan Berat Badan Secara Alami