Herpes Genital Gejala Umum yang Terjadi

Herpes genital sering kali tidak disadari oleh penderitanya karena bisa dialami tanpa merasakan gejala. Jika terjadi herpes genital gejala yang biasa timbul adalah luka lepuh di kelamin yang terasa sakit dan gatal. Dan luka lepuh ini dapat terjadi setelah 2 hari sampai 2 bulan setelah tertular.

Herpes Genital Gejala Umum yang Terjadi

Herpes ini dapat menular jika berhubungan seks karena jika berhubungan seks otomatis terjadi kontak langsung antar kulit. Jika terkena herpes genital gejala umum yang terjadi adalah sebagai berikut:

  • Area luka terlihat bengkak dan terasa lunak jika ditekan.
  • Luka lepuh muncul secara berkelompok, berwarna merah di sekelilingnya dan berisi cairan.
  • Luka lepuh akan pecah mengeluarkan cairan atau darah, lalu membentuk koreng.

Berbagai Gejala Herpes Genital

Selain muncul luka lepuh dapat timbul juga gejala lain yang mirip dengan flu yaitu demam dan nyeri otot. Dan pada kondisi tertentu dapat muncul benjolan pada selangkangan akibat pembengkakan gelenjar getah bening, atau infeksi herpes yang menyebar ke mata.

Herpes genital atau herpes kelamin ini biasanya dapat kambuh beberapa kali di tahun awal setelah infeksi pertamanya. Jika kambuh penyakit herpes genital gejala nya di tandai dengan luka lepuh disertai panas, sakit, atau kesemutan di area kelamin.

Dan gejala ini dapat disertai dengan rasa sakit di punggung bawah, bokong, paha, atau lutut. Tapi luka di saat sedang kambuh biasanya lebih cepat sembuh. Seiring berjalan nya waktu tubuh kita memiliki kekebalan pada penyakit herpes sehingga penyakit ini akan lebih jarang kambuh.

Jika Anda melakukan hubungan seksual yang beresiko seperti gonta ganti pasangan dan tidak memakai kondom segeralah konsultasi dengan dokter kulit. Diskusikan pada dokter bagaimana cara terhindar dari penyakit seks menular, termasuk herpes genital.

Segera periksa ke dokter jika mengalami luka lepuh kemerahan di mulut atau area kelamin. Yang pastinya dokter nanti akan memberikan pengobatan sesuai berdasarkan pemeriksaan.

Pencegahan Herpes Genital

Untuk pencegahan penyakit herpes genital beberapa hal yang harus dilakukan adalah:

  • Gunakan kondom atau alat kontrasepsi jika berhubungan seksual dengan orang yang tidak diketahui infeksi menular seksualnya.
  • Memeriksa status infeksi seksual jika sering berhubungan dengan orang yang berbeda.
  • Segera konsultasi dokter jika mengalami gejala yang serupa.