Diet Yang Efektif Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Diet yang selama ini dijalani mungkin saja belum menunjukan keberhasilan yang signifikan tetapi bisa jadi seperti apakah hasil yang diperoleh saat Anda menjalani diet yang efektif menurunkan berat badan. Hasilnya apakah bisa lebih banyak menurunkan berat badan Anda ataukah masih tetap stagnan. Bisa saja berat badan belum juga turun karena dikhawatirkan ada kesalahan ketika menjalani diet.

diet yang efektif menurunkan berat badan

Ada diet yang efektif menurunkan berat badan secara alami yang bisa dijalani namun sedikit agak berbeda dengan diet-diet lainnya:

  1. Diet Dengan Pembatasan Waktu

Diet ini cara kerjanya dengan membatasi waktu makan Anda biasanya tidak ada sarapan pagi tetapi langsung makan siang dan makan menjelang sore hari. Pembatasan waktu makan dari makan yang satu ke makan berikutnya sekitar 4 s/d 8 jam untuk setiap harinya dan siklus seperti ini harus rutin dijalani selama menjalani program menurunkan berat badan jadi di sini adanya perpaduan antara makan dan berpuasa. Cara menurunkan berat badan dengan cara ini bisa menjadi diet yang efektif menurunkan berat badan yang bisa dicoba meski untuk pertama kali menjalaninya tentu akan sangat berat.

  1. Diet Pembatasan Waktu Makan

Pembatasan waktu makan ini lebih menitikberatkan pada asupan nutrisi yang seharusnya dikonsumsi. Caranya Anda mengkonsumsi lemak jauh lebih banyak dibandingkan zat makanan lainnya seperti: protein dikonsumsi sedang dan karbohidrat dikonsumsi hanya sedikit.

Bagi orang yang sudah terbiasa makan dengan mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang banyak tentu bisa menimbulkan masalah yang baru karena selama diet Anda harus mengkonsumsi karbohidrat dengan porsi yang lebih sedikit.

Di sini protein dikonsumsi lebih banyak daripada karbohidrat. Protein yang harus dikonsumsi lebih banyak seperti daging, telur, dan lain-lain. Yang paling banyak harus dikonsumsi adalah lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti minyak zaitun, keju, dan lain lain.

Awal menjalani model diet seperti ini tubuh terasa jauh lebih lemas dan biasanya ada rasa mual disertai keinginan untuk memuntahkan makanan namun agar itu tidak terjadi bisa dengan meminum air garam. Kondisi seperti ini lambat laun bisa hilang apabila tubuh sudah mulai beradaptasi. Waktu adaptasi yang dibutuhkan tubuh  sekitar 1 s/d 2 minggu di awal diet Anda menjalaninya.

  1. Diet Dengan Mengkombinasikan Beberapa Komponen

Jenis diet seperti ini menjadi metode diet yang biasanya dijalani apabila Anda menjalani program tujuannya adalah menurunkan berat badan tetapi kesehatan badan harus tetap menjadi perhatian utama.

Diet model ini caranya mengkombinasikan beberapa komponen dengan pengaturan yang baik sehingga bisa diterima oleh tubuh dengan baik. Contohnya zat makanan karbohidrat jangan dicampur dengan protein hewani artinya ketika diet Anda hanya bisa mengkonsumsi ikan goreng dengan sayuran sedangkan nasi tidak bisa dikonsumsi bersamaan.

Ada lagi diet dengan lebih banyak mengkonsumsi sayuran ditambah dengan protein baik nabati maupun hewani ditambah dengan air jeruk nipis hangat sesudah itu Anda mengkonsumsi buah-buahan sebelum makan siang ataupun sebelum menjelang makan malam. Jadi di sini lebih menekankan kepada pengkombinasian beberapa zat makanan sebagai diet yang efektif menurunkan berat badan.

Diet yang efektif menurunkan berat badan bisa dimulai dengan cara yang paling mudah agar tubuh tidak langsung kaget ketika menjalani program menurunkan berat badan sehingga masa-masa di awal diet bisa dijalani dengan baik agar pada minggu-minggu berikutnya tingkat kesulitan menjalani diet sudah semakin berkurang dan Anda bisa menjalani program menurunkan badan dengan lebih santai.