Diet Sehat Tanpa Lapar yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Ada beberapa cara untuk bisa turun berat badan tanpa rasa lapar berlebihan. Sebenarnya, salah satu hal yang mempengaruhi keinginan untuk makan adalah sugesti dan lapar mata. Namun, ada juga beberapa cara lain yang dapat dilakukan agar bisa diet sehat tanpa lapar atau merasa keberatan ketika melaksanakan program, berikut ulasannya.

Diet Sehat Tanpa Lapar yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Diet Sehat Tanpa Lapar yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Perbanyak Aktivitas Fisik yang Produktif

Meskipun makan tetap banyak, tetapi jika aktivitas fisik yang produktif dilakukan secara rutin maka Anda akan bisa membakar kalori secara maksimal. Karena jumlah makanan yang dikonsumsi tetap, maka tentu Anda akan bisa terhindar dari rasa lapar. Diet sehat tanpa lapar sangat dianjurkan untuk diimbangi dengan aktivitas seperti naik turun tangga, mencuci dengan tangan, dan menyapu atau mengepel.

Perbanyak Minum Air Putih

Air putih sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh sebagai sarana pengangkut sari makanan dan penghidrasi sel. Supaya bisa diet sehat tanpa lapar, maka sebelum makan minumlah dulu segelas air putih sehingga akan muncul sensasi kenyang di perut. Selain itu, dengan minum segelas air putih sebelum makan pagi, siang, dan malam maka Anda hanya perlu menambah 5 gelas lagi agar bisa memenuhi kebutuhan 8 gelas sehari.

Gunakan Piring yang Lebih Kecil

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab orang merasa lapar selain kebutuhan dari organ pencernaan adalah sugesti. Salah satu cara agar muncul sugesti dalam diri bahwa rasa kenyang sudah muncul adalah dengan menggunakan piring yang lebih kecil. Ketika memilih piring yang lebih kecil otomatis alam bawah sadar Anda akan mengirimkan pesan untuk mengambil sesuai porsi dalam wadah tersebut. Cara ini bisa menjadi alternatif diet sehat tanpa lapar.

Fokus Pada Makanan Alami dan Hindari Olahan atau Cepat Saji

Makanan alami seperti buah-buahan dan sayuran segar sangat dianjurkan untuk menjadi pengganjal perut baik main course maupun pendampingnya. Mengapa demikian? Karena ketika seseorang makan makanan yang alami tentu kandungan nutrisinya yang tinggi akan lebih mudah diserat tubuh akibat komponen tidak berubah.

Berbeda halnya dengan makanan olahan yang sudah dicampur dan menjadi lebih kompleks. Beberapa jenis makanan olahan apalagi yang cepat saji sangat sulit dicerna oleh organ tubuh. Hasilnya adalah pengendapan dan terjadi berbagai masalah seperti sembelit akibat kurang serat. Selain itu, bahan pengawet, pewarna dan penguat rasa buatan tentu memberikan risiko terhadap penyakit degeneratif meningkat.

Hindari Minuman Berkalori Tinggi

Contoh minuman yang berkalori tinggi adalah kopi instan dengan tambahan krim, minuman berkarbonasi, dan minuman kaleng. Kandungan gula dalam minuman-minuman tersebut sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan risiko obesitas. Selain itu, minuman kemasan juga membuat tenggorokan cepat terasa haus dan perut terasa lapar karena tidak banyak nutrisi yang bisa diserap oleh tubuh.

Tidur yang Cukup

Mengapa tidur yang cukup juga mempengaruhi diet sehat tanpa rasa lapar mencekik? Karena tidur berhubungan dengan rasa nyaman dan rileks yang dirasakan seseorang. Ketika Anda merasa sedikit lapar, maka tidurlah beberapa waktu. Tidur siang dengan waktu yang tidak terlalu lama juga bisa membantu mengurangi rasa lapar berlebih dan mengistirahatkan pikiran di sela aktivitas padat.

Jadi, diet sehat tanpa lapar sangat bisa dilakukan siapa saja dengan berbagai aktivitas serta kesibukan. Yang penting Anda harus mengimbangi prosedur diet dengan olahraga, pengaturan nutrisi yang sesuai dan istirahat. Hindari stress dan gaya hidup serba instan untuk meminimalisasi risiko obesitas yang kerap terjadi di masyarakat.