6 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Metode Paling Ampuh

Cara menurunkan berat badan itu penting untuk anda ketahui karena dalam sebuah penelitian kesehatan diperoleh sebuah statemen bahwa kesehatan tubuh terpusat pada isi perut Anda, yang otomatis juga tergantung pada berat badan karena berat badan tergantung pada isi perut sekaligus pada gaya hidup Anda.

Namun sebagian orang salah kaprah menyikapi permasalahan gaya hidup. Kebanyakan menganggap bahwa tubuh yang subur menunjukkan taraf hidup yang sejahtera. Atau pendek kata, perut buncit mencirikan orang yang berada, padahal belum tentu. Bisa jadi orang yang berperut buncit karena over berat badan justru sebagai sumber berbagai penyakit.

Untuk itu, memperbaiki persepsi orang diusahakan dengan upaya menurunkan berat badan pula. Dan cara menurunkan berat badan itu bisa dipejarai loh bagaimana caranya. Karena era informasi sekarang ini sangat memungkinkan bagi orang untuk memperoleh begitu banyak narasumber yang dapat Anda jadikan rujukan sebagai standar dalam upaya menurunkan berat badan itu.

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Metode Yang Sehat

Berikut 6 Tips Cara Menurunkan Berat Badan

1. Memilih makanan yang sehat serta tepat

Maksudnya adalah pilihlah makanan yang sehat alami dan menghindari makanan cepat saji atau makanan kemasan/kalengan.

2. Tidak melewati jam makan yang normal

Ini yang justru memicu Anda makan dengan lebih banyak di jam berikutnya, ketika Anda sengaja meninggalkan salah satu jam makan. Padahal makan secara teratur membantu usus bekerja secara normal.

3. Mengatur porsi makan sesuai kebutuhan

Porsi dalam poin ini adalah porsi secara kuantitas dan kualitas. Artinya secara kuantitas porsi makanan Anda harus berimbang dengan nilai gizi yang dibutuhkan tubuh, sedangkan secara kualitas adalah makanan Anda harus dipilih dari makanan yang benar-benar alami, segar dan yang terbaik (tidak busuk, tidak layu dan tidak basi).

4. Mengurangi gula serta makanan manis

Karena terlalu banyak mengonsumsi makanan manis akan membuat buruk kadar gula darah Anda dan menjadi penyebab meningkatnya berat badan. Padahal Anda tetap bisa merasakan manisnya gula hanya dengan menyiasati penggunaan pemanis yang sehat dan rendah kalori. Sekarang sudah banyak pemanis jenis itu yang dijual secara umum.

5. Berolahraga secara teratur

Olahraga sebagai kebiasaan hidup adalah pola sehat dalam menjaga kesehatan tubuh. Berolahraga juga tidak perlu dilakukan secara berlebihan, misalnya cukup setengah jam setiap harinya.

6. Menjaga gaya hidup sehat

Menjaga pola atau gaya hidup sehat itu dibangun sejak mulai bangun tidur, beraktifitas hingga kembali istirahat pada malam harinya. Jangan melakukan suatu aktifitas secara berlebihan, sekalipun itu dengan tujuan untuk menjaga stamina seperti berolahraga. Justru hanya akan mencederai otot tubuh. Nah dengan program Smart Detox ini dapat membantu kamu memiliki gaya hidup sehat. Apalagi dengan program Smart Detox ini bisa menurunkan berat badan kamu tanpa harus olahraga, apalagi jika olahraga pasti hasilnya akan lebih maximal. Apa itu Smart Detox? Klik Disini

Pentingnya Kesehatan Tubuh

Pembunuh nomer satu dalam dunia kesehatan disinyalir adalah obesitas atau kelebihan berat badan (over weight). Kelebihan berat badan pada dasarnya adalah karena terlalu banyak mengonsumsi kalori, hingga tidak terjadi keseimbangan antara kalori yang masuk serta yang keluar tubuh. Pengendapan kalori yang berlebih tersebut yang pada akhirnya berubah menjadi lemah kemudian hanya akan menimbulkan banyak masalah kesehatan bagi kebanyakan orang.

Dari sisi penampilan juga, kelebihan berat badan benar-benar sangat mengganggu. Banyaknya lemak pada lipatan-lipatan tubuh pasti akan sangat mengganggu ruang gerak Anda sehari-hari. Dan pada tingkatan tertentu, kelebihan lemak yang tersimpan pada tubuh Anda akan menjadi potensi pemicu munculnya berbagai penyakit. Jelas pada kondisi seperti ini, kesehatan tubuh Anda benar-benar sudah terancam.

Sebetulnya seberapa penting menjaga urusan berat badan seperti yang telah disinggung di atas? Menjaga kestabilan berat badan atau mencapai suatu berat badan yang sempurna sebenarnya berhubungan erat dengan kesehatan tubuh. Karena itu menjaga berat badan sama halnya dengan Anda menjaga kesehatan tubuh, dan itu merupakan hal yang penting.

Menjaga kesehatan tubuh melalui ketatnya menjaga berat badan merupakan hal penting, karena segala macam penyakit bersumber dari berat badan. Dan badan yang memiliki berat berlebih berarti menjadi indikasi bahwa di dalam perutnya bisa terjadi berbagai kemungkinan munculnya penyakit. Oleh karena itu, apabila Anda memiliki kelebihan berat badan, ada baiknya Anda mulai mencari cara menurunkan berat badan.

Manusia yang sehat akan beraktifitas selama duapertiga dari sehari semalam yang Anda miliki, yang berarti dalam 24 jam Anda akan nonstop  beraktifitas selama hampir 16 jam full. Bayangkan apabila Anda lalai dalam menjaga kesehatan tubuh, maka akan mudah bagi Anda merasa sakit kebanyakan karena faktor kelelahan.

Aktifitas selama 16 jam dalam 24 jam yang Anda miliki seharusnya dapat diatur dengan baik. Salah satunya adalah menjaga konsumsi makanan bagi tubuh, serta menjaga waktu tidur istirahat dan waktu tidur Anda. Menjaga konsumsi makanan sangat penting untuk tidak membuat tubuh akhirnya menjadi kelebihan berat badan.

Tubuh yang sehat dengan berat badan seimbang akan menyebabkan aktifitas Anda pun terjaga dengan baik. Anda pun tidak mudah menjadi sakit. Itulah pentingnya dari menjaga kesehatan tubuh.

Berat Badan Ideal

Menjaga kesehatan tubuh melalui perawatan sehari-hari untuk menjaga kestabilan berat badan merupakan hal penting dan telah disinggung sebelumnya. Lalu sebetulnya bagaimana berat badan ideal yang sesuai dengan standar kesehatan manusia secara umum.

Ada cara perhitungan khusus untuk menghitung berat badan ideal yang dapat dijelaskan dalam rumus mencari berat badan ideal seperti berikut. Berat badan ideal adalah tinggi badan dikurangi 100 kemudian hasilnya dikalikan 10%, dan terakhir hasil pengurangan berat badan yang dikurangi 100 tersebut dikurangi dengan hasil dari perkalian dengan 10% tadi. Ringkasnya kalau dirumuskan menjadi sebagai berikut.

TB – 100 = t

t x 10% = b

t – b = BI

Di mana TB adalah simbol dari tinggi badan dan BI adalah simbol dari badan ideal (atau berat badan ideal). Apabila diaplikasikan dalam suatu contoh perhitungan dalam kehidupan nyata adalah seperti berikut. Tinggi badan Anda adalah 160, maka 160 – 100 = 60 x 10% = 6, kemudian t – b atau 60 – 6 dan hasilnya adalah 54 kg sebagai berat badan ideal bagi Anda dengan tinggi badan 160 cm.

Cara Menstabilkan Berat Badan

Setelah mengetahui bagaimana cara mencari berat badan ideal, maka kini untuk bisa mengetahui cara menurunkan berat badan terlebih dulu Anda harus mengerti bagaimana cara menstabilkan berat badan setelah berat badan Anda turun nantinya.

Cara termudah untuk menstabilkan berat badan adalah dengan selalu menjaga gaya hidup Anda dan memastikan segalanya berjalan secara teratur dan baik. Seperti mengutamakan untuk makan 4 sehat 5 sempurna daripada banyak mengemil, mementingkan kualitas istirahat yang sempurna daripada lebih banyak tidur hingga tubuh menjadi lemas, dan memprioritaskan satu masalah yang harus diselesaikan daripada memikirkan banyak masalah yang tidak ada solusinya.

Hal-hal seperti disebutkan di atas adalah beberapa hal yang kadangkala luput dari pemikiran kita, bahwa sebetulnya itulah yang sering menjadikan berat badan menjadi merosot tajam atau bahkan meningkat dengan drastis. Alhasil tubuh Anda akan kurus kering atau bahkan tambun dan tidak sehat.

Menstabilkan berat badan akan sangat penting manfaatnya setelah Anda bisa menurunkan berat badan. Yang penting adalah Anda harus mencari tahu lebih dulu cara menurunkan berat badan, maka kemudian Anda sudah bisa mulai menstabilkan berat badan setelah berat badan Anda berkurang.

Lalu bagaimana caranya untuk bisa menstabilkan berat badan, selain dari tiga hal yang telah disebutkan sebelumnya. Selain dari mengutamakan mengonsumsi makanan sehat, mementingkan kualitas istirahat yang sempurna, serta memprioritaskan satu masalah yang harus diselesaikan, kemudian adalah:

  1. Memilih salah satu diet yang cocok dengan kondisi tubuh untuk mempertahankan berat badan ideal ketika berat badan ideal telah Anda capai.
  2. Hindari stress dan beban psikologi lainnya.
  3. Hindari begadang dan kegiatan clubbing pada malam hari.

Itulah beberapa tambahan dari gaya hidup atau pola hidup yang harus mulai Anda perbaiki untuk mempertahankan kestabilan berat badan ideal yang telah dicapai.

Macam-Macam Jenis Diet

Ada beberapa macam jenis diet yang patut Anda ketahui juga, tujuannya agar Anda bisa memilih secara tepat jenis diet mana yang dapat Anda lakukan sebagai upaya cara menurunkan berat badan.

Macam-macam diet yang umumnya dilakukan orang-orang adalah jenis diet di bawah ini:

  1. Diet Karbo

Jenis diet karbo adalah yang paling sering banyak dilakukan oleh para artis. Diet karbo maksudnya adalah Anda mengurangi mengonsumsi makanan jenis karbohidrat hingga kadangkala sampai taraf tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali.

Cara untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam hal ini adalah nasi, bisa dipilih jenis karbohidrat lain yang rendah kadar karbonya, seperti kentang atau gandum.

  1. Diet Membalik Protein

Sementara jenis diet membalik protein adalah jenis diet yang sangat disukai kebanyakan orang. Karena Anda tetap dapat makan secara teratur yakni tiga kali sehari,  bahkan dalam diet membalik protein Anda bahkan bisa enam kali makan dalam sehari semalam. Namun jenis makanan yang dikonsumsi yang harus diatur, bukan dengan cara mengurangi waktu makannya. Tujuan membalikkan protein yang Anda makan adalah membuat bingung hormone tubuh, dan kemudian lama kelamaan berat badan Anda akan berkurang secara alami.

  1. Diet Putih

Diet putih adalah jenis diet untuk tidak mengonsumsi nasi. Anda bebas memakan jenis makanan lain selain nasi. Hanya nasi saja yang Anda hindari dalam diet putih, bukan makanan lainnya. Waktu makan dalam diet putih pun tetap teratur yakni tiga kali sehari.

  1. Diet Dengan Berolahraga

Diet dengan cara berolahraga adalah diet yang paling digemari kebanyakan orang apalagi kalau memang senang berolahraga. Maka jenis diet ini sangat tepat. Cara kerja diet ini adalah Anda menambah porsi waktu berolahraga bagi tubuh Anda sehingga tubuh terfokus pada kegiatan berolahraga dan menekan pikiran untuk memikirkan makanan. Namun setelah berolahraga, Anda dapat makan dengan teratur. Namun biasanya setelah berolahraga secara rutin, Anda akan dengan alami berkurang nafsu makannya tanpa Anda paksakan.

Memilih Makanan Diet

Pada upaya diet untuk menstabilkan berat badan sebenarnya adalah usaha terakhir cara menurunkan berat badan. Caranya adalah untuk lebih selektif atau pilih-pilih jenis makanan untuk diet yang sehat dan tepat untuk Anda konsumsi.

Jenis makanan seperti yang dimaksud tersebut adalah:

  1. Buah

Tepatnya buah apel. Apel menjadi buah pilihan pertama apabila Anda sedang melakukan upaya diet atau menurunkan berat badan. Mengonsumsi apel adalah cara sehat menurunkan berat badan tanpa rasa menyiksa.

Info penting: bahwa dalam sebutir apel mungil seberat 85 gr mengandung 50 kalori serta 12 gr karbohidrat.

  1. Serat

Lebih utama adalah oatmeal. Tubuh memerlukan banyak serat untuk membantu kelancaran sistem pencernaan dan kerja usus. Pada oatmeal mengandung banyak serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Info penting: kandungan gizi pada oatmeal berupa fosfor, protein, vitamin B1, magnesium serta banyak serat.

  1. Protein

Protein yang paling utama didapatkan dari sebutir telur, tepatnya pada putih telurnya. Protein pada putih telur sangat tinggi kandungannya tetapi rendah lemak sehingga cukup baik pula dikonsumsi oleh para binaragawan sebagai menu diet mereka. Protein pada putih telur tidak mengandung nilai indeks glikemik sehingga aman bagi penderita diabetes untuk mengonsumsi putih telur.

Info penting: pada 100 gr putih telur terdapat 0,17 gr lemak dan 10,9 gram protein.

  1. Nabati

Dari kebutuhan nabati Anda, lebih utama adalah mengonsumsi sayur. Sayur yang disarankan dikonsumsi oleh orang-orang yang menjalankan diet sehat salah satunya adalah brokoli. Sebabnya adalah karena brokoli mengandung rendah kalori tetapi kaya mineral, serat serta vitamin. Penderita diabetes juga aman mengonsumsi brokoli dalam jumlah banyak karena tidak berpengaruh pada kadar gula darah.

Info penting: dalam 1 gelas berisi potongan brokoli terkandung hanya 30 kalori serta 5 gr serat.

  1. Hewani

Makanan atau lauk pauk dari jenis hewani yang paling baik adalah ikan. Anda aman mengonsumsi berbagai jenis ikan meski dalam keadaan tengah diet sebagai cara menurunkan berat badan. Ikan lebih unggul dari daging karena kandungan omega-3 nya. Omega 3 pada ikan sebenarnya adalah jenis lemak juga tetapi lemak yang aman dan baik bagi kesehatan.

Info penting: keutamaan ikan sebagai protein hewani akan terekspos lebih baik apabila dimasak dengan cara direbus atau bakar, dan bukan digoreng.

  1. Camilan

Anda pasti terkejut karena ternyata meski tengah melakukan diet untuk mengurangi berat badan secara sehat, Anda tetap dapat memakan camilan. Namun pilihlah camilan yang sehat dan tidak mengandung gula terlalu banyak. Camilan yang sehat harus lebih banyak mengandung protein, karbohidrat kompleks, lemak serta serat. Camilan sehat yang bisa dikonsumsi misalnya adalah kudapan yang tidak digoreng.

Info penting: Contoh camilan sehat adalah kudapan yang dimasak dengan dikukus, seperti bakpau berisi kacang merah misalnya.

Contoh Menu Diet Sehat

Untuk melengkapi artikel dan cara menurunkan berat badan dalam upaya diet sehat ini kurang lengkap rasanya kalau tidak menampilkan contoh menu untuk melakukan diet yang sehat. Berikut adalah beberapa contoh menu diet sehat:

Alternatif Menu Diet Sehat Pertama

Sarapan

  • Teh tawar tanpa gula.
  • Setangkup roti gandum dengan olesan mentega.

Makan Siang

  • Paha ayam bakar yang dibakar dengan butter dan minyak zaitun.
  • Rebusan sayur yang terdiri dari jagung, wortel, dan brokoli.
  • Mashed potatos atau kentang tumbuk.

Makan Malam

  • Tiga sendok nasi putih.
  • Satu gelas air karbonasi.
  • Sepotong tahu rebus diberi garam.
  • Camilan sebutir apel.

Alternatif Menu Diet Sehat Kedua

Sarapan

  • Secangkir susu dengan sesendok madu.
  • Satu mangkuk brokoli.
  • Sepotong tempe rebus.
  • Setengah butir telur rebus.

Makan Siang

  • Satu gelas air putih.
  • Semangkuk salah sayuran.
  • Semangkuk kecil macaroni direbus dengan minyak zaitan.
  • Dua sendok makan mayonnaise.

Makan Malam

  • Dada ayam filet rebus.
  • Setup kacang merah.
  • Satu gelas air karbonasi.

Selebihnya Anda bisa merancang menu diet sehat lainnya dengan cara menduplikasi dua alternatif rancangan menu diet sehat tersebut. Ternyata mudah bukan upaya cara menurunkan berat badan itu? Sekarang Anda bisa mulai melakukan diet dengan cara yang sehat.