Cara Diet Yang Baik Dan Ampuh, Siap Jalani No 6?

Kegemukan merupakan salah satu masalah yang membuat kepercayaan diri merosot. Lain sisi, kegemukan juga sangat berbahaya untuk kesehatan Anda. Saat mengalami kegemukan, berarti ada lemak yang ditimbun dalam tubuh. Lemak tersebut, jika terus ditambah akan menutup organ vital. Akibatnya bisa sangat fatal. Obesitas, serangan jantung mendadak, diabetes merupakan beberapa penyakit yang bisa mengintai. Dibutuhkan cara diet yang baik supaya tidak hanya memperoleh berat badan yang ideal, namun juga sehat luar dalam.

9 Cara Diet Yang Baik Dan Ampuh

Berikut 9 Cara Diet Yang Baik Dan Ampuh:

  1. Diet Harus Tetap Makan Cukup

Banyak yang beranggapan ketika diet, maka menghentikan makan. Tubuh dipaksa untuk tidak mendapat asupan apapun. Tujuannya supaya tidak menambah berat badan. Padahal, cara ini justru sangat dilarang dalam diet. Pasalnya, tubuh jadi kekurangan nutrisi. Tubuh akan lemas dan tidak memiliki tenaga. Jika diet ini dilakukan dalam jangka panjang, bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

Saat diet tetap harus makan. Hanya saja, Anda harus memperhatikan asupan nutrisinya. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral sesuai dengan porsi dan jadwalnya.

  1. Wajib Sarapan

Tidak sarapan akan membuat tubuh kekurangan energi, tidak bersemangat menjalankan kegiatan, bahkan kehilangan fokus. Kemudian saat siang hari, perut akan terasa sangat lapar. Sebagai pelampiasannya, makan siang porsinya jadi lebih banyak.

Padahal tahukah Anda jika terlalu banyak makan di satu waktu itu sangat berbahaya. Kerja alat cerna akan banyak. Tidak heran, jika pola hidup seperti ini akan membuat Anda merasa mengantuk usai makan. Belum lagi masalah lain seperti liver dan ginjal yang stres gara-gara kerja terlalu keras.

Menurut seorang ahli gizi dari University of Colorado, HR Wyatt, seseorang yang rajin sarapan, lebih bisa menjaga berat badannya ketimbang yang sering melewatkan waktu makan ini. Hanya saja, yang dimakan saat pagi hari sebaiknya memang yang memiliki nilai gizi baik. Misalnya saja telur, buah alpukat, yohurt, maupun oatmeal. Makanan yang memiliki nutrisi baik ini bisa dimanfaatkan tubuh untuk memenuhi kebutuhannya. Selain itu, tubuh juga tidak akan merasa cepat lapar.

  1. Kurangi Konsumsi Karbohidrat

Tubuh membutuhkan karbohidrat untuk diolah menjadi energi. Hanya saja, yang sering terjadi justru mengonsumsi sumber karbohidrat berlebihan dan menyebabkan penumpukan lemak. Kalau hal ini terus dilakukan, bisa dibayangkan berapa banyak lemak yang disimpan tubuh dalam sekali makan?

Karbohidrat sebenarnya ada dua macam, sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana adalah yang mudah dicerna, misalnya saja gula dan nasi putih. Sedangkan karbohidrat kompleks lebih lama dicerna, contohnya saja gandum, oat, nasi merah, dan beberapa jenis sayur. Karbohidrat kompleks inilah yang lebih bersahabat untuk tubuh jika ingin membuang beberapa lemak dalam tubuh. Pasalnya, karbidrat jenis ini juga mengandung serat baik serta membuat kenyang lebih lama.

Cara diet yang baik tidak menghentikan semua jenis karbohidrat dalam tubuh. Hanya saja mengurangi jumlahnya. Masukkan karbohidrat sesuai kebutuhan tubuh. Coba untuk menghindari makanan seperti nasi putih, roti manis, atau mie. Ganti dengan oat, nasi merah, maupun sayur dan buah.

  1. Kurangi Konsumsi Gula

Tahukah Anda betapa jahatnya gula bila dikonsumsi secara berlebihan dalam tubuh? Ketika Anda mengonsumsi 100 gram gula, sama saja dengan menurunkan kemampuan sel darah putih. Efek ini berlangsung selama 5 jam.

Gula yang berlebihan dalam tubuh hanya akan disimpan dalam bentuk lemak. Oleh tubuh akan diletakkan ditempat yang longgar, salah satunya di perut. Pasalnya perut merupakan bagian gubuh yang sangat elastis. Namun, jika keterusan, lemak bisa menutup organ lainnya. Akibatnya akan terjadi berbagai gangguan kesehatan. Seperti serangan jantung, stroke, atau diabetes.

Menghentikan konsumsi gula, sama dengan memberi kesempatan tubuh untuk meningkatkan fungsinya. Salah satunya menyebabkan kulit lebih segar, pasalnya tugas membuang racun lebih lancar. Menghentikan konsumsi gula juga membuat tubuh tidak mudah lapar.

  1. Atur Menu Makan

Saat diet, memang disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur. Dua jenis makanan ini mengandung serat, vitamin, dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Selain sayur dan buah, mengonsumsi makanan yang mengandung protein juga sangat disarankan. Sumber protein bisa Anda dapatkan pada jenis makanan seperti daging tanpa lemak, ikan, maupun jenis lainnya. Makanan yang mengandung protein akan membantu untuk membentuk otot. Selain itu, makanan ini juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Hindari makanan cepat saji, gorengan, bertepung putih, mie instan, dan cemilan. Untuk cemilan, baik yang manis maupun asin, sebaiknya diganti dengan buah. Namun, tidak semua buah juga bisa dikonsumsi sepanjang hari. Coba kenali buah yang mengandung gula (rasa manis) tinggi, sebaiknya hindari mengonsumsinya di pagi dan malam hari. Buah dengan kandungan gula tinggi misalnya saja melon dan semangka.

  1. Stop Alkohol Dan Minuman Bersoda

Tahukah Anda jika alkohol dan minuman bersoda merupakan agen penambah lebarnya lingkar perut? Alkohol bisa menghambat proses pembakaran lemak sekitar 36 persen. Bayangkan jika proses pembaran ini terhambat? Pastinya penimbunan lemak akan langsung terjadi.

Sedangkan minuman bersoda, selain kandungan gulanya yang tinggi, juga mengandung gas. Kelebihan gas dalam perut juga menjadi salah satu sebab ukuran lingkar perut bertambah.

Cara diet yang baik adalah dengan mengganti segala jenis minuman tersebut dengan air putih. Konsumsi minimal 2 liter air putih setiap harinya. Ketika kebutuhan air putih Anda tercukupi, penimbunan lemak pun tidak akan terjadi. Saat minum air putih minimal 2 liter sehari, maka 96 kalori Anda bisa terbakar. Air putih juga sangat baik untuk kebutuhan tubuh lainnya. Jadi minum air putih cukup, hanya akan memberi dampak positif untuk tubuh.

  1. Olahraga 5 Jam Per Minggu

Minimal lakukan olahraga 5 jam per minggu. Usahakan dilakukan saat pagi hari. Pasalnya matahari pagi sangat baik untuk tubuh Anda. Dengan rajin melakukan olahraga, akan membantu membakar  lemak lebih banyak, menguatkan otot, serta bisa menekan stres.

Mengatur pola makan tidak dibarengi dengan olahraga sama dengan bohong. Saat kita bisa mengatur apa yang ditelan, berat memang akan turun. Namun, tidak sedikit yang justru membuat masa otot dan kepadatan tulang jadi terganggu (berkurang). Dengan berolahraga secara rutin, Anda justru akan menjaga massa otot serta kepadatan tulang. Ditambah lagi tubuh jadi lebih kencang. Jangan sampai lemak berhasil diusir, namun kulit jadi tidak kencang alias keriput.

  1. Kenali Tubuh Dan Rajin Membaca

Peka terhadap tubuh masing-masing juga bisa menjadi salah satu kunci keberhasilan diet. Coba perhatikan tubuh Anda merupakan yang mudah gemuk karena makanan, namun cepat bisa membuang lemak atau tidak. Dengan tahu kondisi tubuh masing-masing, maka metode diet pun bisa dibentuk sendiri. Tanpa memaksa tubuh kerja keras dan menganggu kesehatannya.

Selanjutnya, rajin membaca akan membuat wawasan bertambah. Pasalnya, tubuh manusia itu dibuat Tuhan sedemikian rupa dengan berbagai keajaibannya. Jadi dengan banyak membaca tips diet, pola makan orang lain, membaca hasil riset peneliti bisa membuka wawasan. Anda bisa memilih cara diet yang baik untuk tubuh sendiri.

  1. Lakukan Dengan Bahagia

Cara diet yang baik adalah dengan tidak merasa tersiksa. Anda harus bahagia saat menjalaninya. Pasalnya, rasa tertekan atau terpaksa akan menghasilkan stres. Padahal saat stres, tubuh melepaskan hormone yang bisa membuat rasa lapar semakin menjadi. Hal ini menyebabkan keinginan untuk makan manis semakin besar.

Menjalankan diet dengan bahagia akan membantu prosesnya jadi lebih lancar. Harus dilakukan berdasarkan keinginan untuk hidup lebih baik. Hal ini menjadi kunci untuk menjalankan cara diet yang baik, namun jarang dilakoni oleh pelakunya. Selamat berdiet.

Baca Juga: 3 Cara Diet Dengan Konsep Diet Tradisional