Cara Diet Sehat Alami Yang Ampuh, No 4 Paling Wajib!

Cara diet sehat alami dewasa ini banyak dipilih oleh orang. Hal ini karena sudah terlalu banyak cara diet instan yang justru membahayakan kesehatan bahkan nyawa si pelakunya. Selain itu, diet modern yang sedang trend pun terkesan mahal. Kembali pada hal yang alami menjadi pilihan satu-satunya untuk bisa memperoleh bentuk tubuh ideal dengan harga terjangkau.

Cara diet sehat alami memang membutuhkan proses yang tidak sebentar. Perlu proses untuk tubuh menyesuikan atau mendetoksifikasi. Hal ini bisa dianggap wajar, pasalnya saat tubuh mengendut pun butuh proses juga. Intinya tubuh membutuhkan waktu untuk mengeluarkan seluruh racun penghambat, kemudian membakar lemak tubuh (timbunan lemak). Namun, tubuh sudah bisa merespon dengan baik lebih cepat saat Anda melakukan diet yang sehat. Misalnya saja jadi merasa lebih enteng, jarang kesemutan, atau lebih terasa segar.

Cara diet saat ini ada banyak sekali. Kunci diet sehat alami adalah dengan memberdayakan diri. Asal ada niat, kemauan, disiplin yang tinggi, maka diet bisa dijalankan dengan lebih menyenangkan.

Cara Diet Sehat Alami Yang Ampuh

Berikut 5 Cara Diet Sehat Alami Yang Ampuh:

  1. Tentukan Target Dan Jadwal Untuk Pikiran Positif

Target merupakan tujuan yang ingin dicapai saat melakukan sesuatu. Sama halnya dengan diet, ada hal yang ingin dituju, yakni memiliki berat badan ideal. Berat badan yang ideal untuk setiap orang berbeda. Anda bisa membandingkannya dengan tinggi badan. Saat sudah ditentukan berapa berat yang harus dihempas, tetapkan waktu. Misalnya saja, sebulan cukup membuang 1-2 kilo berat badan saja. Jangan ekstrim saat menentukan target, agar saat menjalaninya juga lebih rileks. Selain itu juga lakukan secara bertahap.

Pikiran rileks saat melaksanakan diet sangat penting. Banyak pelaku diet yang gagal karena merasa bahwa diet itu menyiksa. Akhirnya menjadi tertekan, stress, dan merasa pesimis. Pikiran negatif ini secara langsung akan menghasilkan hormon yang menyebabkan tubuh memberi sinyal lapar. Ingin mengonsumsi makanan manis agar stress hilang atau perasaan selalu lapar.

Jadi memiliki pikiran positif saat menjalankan diet itu sangat penting. Memberikan cheating day atau hari libur diet bisa dijadikan pilihan untuk pemula. Hal ini untuk membuat pikiran lebih tenang, karena ada waktu libur untuk bisa mengonsumsi makanan yang paling diinginkan. Jadi selama diet, Anda sudah tidak berpikir untuk mengonsumsi makanan yang dilarang.

Kemudian tentukan juga target kecil. Misalnya saja, dalam minggu ini akan stop mengonsumsi gorengan, soda, minuman kemasan, dan lain-lain.

  1. Konsumsi Real Food

Real food merupakan makanan yang sebenarnya. Memangnya selama ini yang dikonsumsi makanan buatan? Real food menurut Dewi Huges (selaku orang yang menyebarkan istilah ini), merupakan makanan sebenarnya yang kemudian diolah secara sederhana atau tidak berlebihan. Hal ini berarti makanan tersebut tidak ada bahan kimia, pewarna, pengawet, maupun perasa buatan, serta bukan hasil olahan.

Hal ini berarti Anda bisa mengonsumsi buah, sayur, maupun sumber protein seperti daging atau ikan. Makanan tersebut harus diolah secara sederhana, misalnya saja direbus dan dikukus. Akan sangat baik jika sekaligus mengurangi penambahan minyak, gula, dan garam.

Cara diet ini memang terkesan menyiksa, namun ini merupakan salah satu Cara diet sehat alami. Pasalnya lidah masyarakat Indonesia khususnya, sudah kenal dengan berbagai rasa dan masakan berminyak. Akan sulit beralih dengan cara diet konsumsi real food ini. Jadi cara ini bisa dilakukan secara bertahap. Jangan langsung mengubah drastis cara mengolah makanan tersebut.

Real food ini selain bisa mengurangi berat badan, juga menjaga kesehatan. Pasalnya nutrisi yang terdapat dalam bahan makanan masih terjaga. Pun jika berkurang tidak akan banyak, mengingat cara memasak dengan direbus atau dikukus. Mengurangi konsumsi minyak, gula, dan garam juga bisa membantu tubuh menjalankan fungsinya dengan baik. Pasalnya tubuh tidak memerlukan gula dan garam dalam jumlah besar. Untuk konsumsi gula, tubuh hanya membutuhkan sekitar 50 gram per hari, atau setara dengan 5-9 sendok teh. Sedangkan garam, hanya butuh 5 gram per hari (setara dengan 1 sendok teh).

  1. Hindari Cara Makan Yang Salah

Makan itu ada seninya. Jangan sembarangan memasukkan apa saja yang diinginkan ke dalam tubuh. Ada kebiasaan orang Indonesia yang selama ini sudah mendarah daging, tapi salah. Misalnya saja mengonsumsi buah setelah makan berat. Kebiasaan ini sebenarnya salah. Pasalnya buah yang dikonsumsi setelah makan besar tidak bisa langsung dicerna dan diserap tubuh. Akibatnya buah terfermentasi dan akan memiliki sifat asam. Ini akan menyebabkan perut mudah terserang kembung.

Buah sebaiknya memang dikonsumsi sebelum makan. Akan lebih baik jika dikonsumsi saat perut kosong. Ini supaya tubuh bisa langsung mencerna makanan, kemudian bisa terserap dengan baik.

Selain makan buah setelah makan, minum es teh manis setelah makan juga sering dilakukan. Apalagi kalau sedang makan di rumah makan. Teh memang memiliki kandungan antioksidan yang baik, namun harus dikonsumsi di saat yang tepat. Minum es teh setelah makan berat hanya akan menghambat proses pencernaan tubuh. Proses penyerapan zat besi dan protein bisa terganggu. Hal ini dijelaskan oleh The Journal of Nutritional Biochemistry bahwa teh mengandung polifenol dan asam tannin. Zat tersebutlah yang menjadi agen penganggu proses pencernaan tersebut.

  1. Cukupi Kebutuhan Air Putih

Air merupakan salah satu cara diet sehat alami. Dengan memenuhi kebutuhan air putih harian, maka Anda bisa mencegah penimbunan lemak dalam tubuh. Air juga digunakan untuk membuang sisa bahan makanan yang tidak digunakan dalam tubuh. Saat kebutuhan air tercukupi maka proses pencernaan pun akan berjalan dengan baik. Proses pembakaran bisa dilaksanakan dengan sempurna juga.

Sayangnya, masih sedikit masyarakat yang sadar akan pentingnya menjaga asupan air putih ini. Padahal saat tubuh kekurangan air putih, banyak sekali masalah kesehatan yang terjadi. Salah satunya proses pembakaran.

Lalu apakah sama kebutuhan air untuk setiap orang? Tentu saja berbeda. Kebutuhan air seseorang ditentukan berdasarkan berat badan, usia, jenis pekerjaan, hingga iklim. Mudahnya, jika ingin menghitung kebutuhan cairan dalam tubuh adalah dengan berat badan. Jadi setiap kilo berat badan Anda kalikan dengan 30ml. Misalnya berat Anda 60 kg, maka kebutuhan air yang harus dipenuhi sekitar 1.800 ml. Jika cuaca sedang panas, maka kebutuhan air pun bisa ditingkatkan sesuai dengan kondisi. Untuk para pekerja yang membutuhkan fisik ekstra (misalnya kuli bangunan atau buruh di ladang) kebutuhan airnya juga harus lebih banyak.

  1. Perbanyak Aktivitas Fisik

Setelah makan hanya duduk-duduk atau tiduran bisa membahayakan kesehatan. Proses pembakaran dalam tubuh jadi terhambat atau lambat. Oleh karena itu, perbanyaklah aktivitas fisik.

Olahraga menjadi salah satu pilihan jika Anda seorang pekerja kantoran. Dengan rajin berolahraga, maka badan akan mengeluarkan keringat dan menjaga masa otot. Proses pembakaran dalam tubuh pun akan cepat dilaksanakan. Olahraga tidak hanya membantu membakar lemak dalam tubuh, namun juga baik untuk kondisi kejiwaan. Anda jadi jarang stress, lebih bersemangat, kulit lebih cerah, dan kencang.

Jika tidak ada waktu untuk olahraga, bisa melakukan aktivitas fisik. Misalnya saja naik turun tangga, berjalan agak jauh dari parkiran menuju tempat kerja, atau beres-beres rumah. Cara ini memang tidak akan memberikan hasil yang signifikan seperti saat berolahraga, namun masih lebih baik ketimbang hanya duduk sambil menghadap komputer saja.

Cara diet sehat alami memang tidak bisa cepat merasakan hasilnya. Butuh proses agar tubuh Anda bisa terbiasa dengan pola hidup sehat. Namun, jika dilakukan secara disiplin, manfaat dari Cara diet sehat alami akan baik untuk kesehatan maupun penampilan luar Anda.