Cara Diet Secara Alami Dengan Mengkonsumsi Makanan Sehat

Karena ingin mendapatkan tubuh langsing dan bugar, banyak orang yang menggunakan obat pelangsing. cara tersebut memang dapat menurunkan berat badan secara drastis. Tetapi tersembunyi zat berbahaya didalamnya. Maka dari itu, anda perlu beralih ke cara diet secara alami dengan makanan yang sehat.

Cara Diet Secara Alami

Berikut 11 Cara Diet Secara Alami Dengan Mengkonsumsi Makanan Sehat:

  1. Apel

Tak bisa dipungkiri lagi bagi orang yang diet, apel sudah menjadi camilan wajib. Jenia apel apaun bisa digunakan utuk memenuhi cara diet secara alami, baik itu apel hijau atau merah. Sehingga anda tidak perlu takut dan memilah kembali jenis mana saja yang cocok. Buah ini juga termasuk mudah didapatkan karena selalu sitemui di setiap musim. Harganya pun juga tidak akan membuat kantong jebol.

Buah yang satu ini memiliki kandungan gizi yang tidak bisa diragukan, apalagi dalam hal menurunkan berat badan. Kandungan seratnya tergolong serat yang mudah larut dalam air, sehingga anda dapat merasa kenyang lebih lama. Apel juga sangat aman dikonsumsi penderita diabetes karena memiliki tingkat glikemik rendah. Maka dari itu buah ini sangat cocok dikonsumsi sebagai pengganti camilan yang mengandung bahan pengawet dan goreng-gorengan.

  1. Alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan asam oleat tak jenuh tunggal yang tinggi. Jenis lemak ini merupakan lemak yang sama seperti dalam kandungan minyak zaitun. Alpukat tergolong buah yang berbeda dari buah yang lain. Apabila jenis buah lain terdapat kandungan karbohidrat, alpukat mengandung lemak. Akan tetapi, lemak tersebut adalah lemak sehat yang tidak berbahaya bagi kesehatan.

Meskipun terkenal sebagai buah berlemak, dalam buah alpukat juga terdapat serat dan air. Ini menyebabkan buah lembek ini kurang menghasilkan energi. Akan tetapi, lemaknya mampu meningkatkan proses penyerapan antioksidan karotenoid 15 kali lipat yang ada pada sayuran. Sangat menyenangkan bila makan malam anda ditemani menu salad yang ditambahkan buah alpukat.

  1. Tomat

Tomat dapat menurunkan berat badan anda secara optimal yang dapat memenuhi kebutuhan cara diet secara alami. Bahan makanan yang tergolong dalam buah dan sayuran ini memiliki kalori yang rendah. Makanan yang mengandung sedikit kalori dapat membuat tubuh membakar kalori lebih cepat. Serat larut tomat berfungsi sebagai gel dalam usus besar dan dapat mempertahankan rasa kenyang.

  1. Sayur-Sayuran Hijau

Sayuran hijau dapat menyempurnakan program diet anda. Kandungan dari sayuran hijau dapat menjaga berat badan tetap ideal. ini dikarenakan sayuran hijau kaya akan serat, rendah kalori dan karbohidrat. Mengkonsumsi sayur-sayuran hijau merupakan cara yang baik untuk meningkatkan porsi makanan. Anda bisa menambah porsi sayur di piring lebih banyak dari biasanya.

Anda dapat mengkonsumsi sayuran hijau yang tersedia di pasar, seperti bayam, brokoli, selada, sawi, timun dan masih banyak lagi. Sayur-sayuran hijau sangat dianjurkan dikonsumsi oleh orang yang melakukan diet rendah kalori. Kandungan dalam sayuran hijau dapat membantu pembakaran lemak tubuh. Zat antioksidannya dapat menjaga kesehatan tubuh dengan menangkal radikal bebas.

  1. Kacang Almond

Kacang almond bisa disebut juga dengan nama kacang kenari. Makanan yang termasuk dalam golongan biji-bijian ini dapat dijadikan camilan untuk diet sehat anda. Dalam satu ons kacang almond kira-kira mengandung 165 kalori, 6 gram protein dan  gram serat. Kandungan gizi tersebut dapat membuat anda lebih cepat kenyang. Maka dari itu, anda dapat mengontrol nafsu makan berlebihan.

  1. Kacang Pistachio

Satu lagi kacang yang bisa dikonsumsi sebagai camilan adalah kacang Pistachio. Jenis kacang ini direkomendasikan oleh beberapa pakar diet sebagai camilan sehari-hari. Ini dikarenakan kacang pistachio berkalori rendah. Perlu anda ketahui, dalam seporsi kacang ini dapat memenuhi kebutuhan serat tubuh sebanyak 12%. Vitamin B6 kacang ini dapat mencegah penyakit darah tinggi dan kolesterol. Lemak tak jenuhnya dapat membuat program diet anda berjalan lancar.

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan diet yang paling banyak direkomendasikan oleh pakarnya. Bahkan oatmeal bisa menjadi menu wajib sebagai cara diet secara alami anda. Makanan ini dijadikan makanan pokok pengganti nasi putih. Dengan mengkonsumsi oatmeal pada makanan pokok anda, maka berat badan dapat turun secara cepat. Hal tersebut telah dibuktikan dari beberapa penelitian. Dari hasil penelitian disebutkan bahwa orang yang sarapan dengan oatmeal akan memiliki indeks massa tubuh rendah.

Mengkonsumsi oatmeal sangat dianjurkan karena kaya akan serat dan memiliki nilai indeks glikemik yang rendah. Tak ketinggalan juga magnesium, protein, vitamin B1 dn fosfor yang terkandung dalam oatmeal membantu tubuh menghasilkan energi. Karena hal tersebut, kadar gula darah dan kolesterol anda akan terjaga dengan baik. Anda pun akan tetap siap dan semangat menjalani hari-hari berikutnya.

  1. Ikan Tuna

Kebanyakan orang yang dalam menjalankan program diet, akan menghindari makan ikan dan daging. Tentunya hal ini tidak sepenuhnya dibenarkan. Ikan tuna merupakan ikan yang mengandung protein tinggi, rendah kalori dan rendah lemak. Kandungan gizinya tidak akan membuat tubuh anda gendut sehingga sangat aman dikonsumsi meski sedang diet. Ikan tuna dapat membantu anda dalam mengontrol berat badan, terutama bagi anda yang terserang obesitas. Hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan ikan tuna yang akan diolah adalah tuna yang segar dan bukan memilih olahannya berupa minyak minyak ikan.

  1. Ikan Salmon

Bukan hanya baik untuk anak-anak, ikan salmon juga berguna membantu keberhasilan anda mengikuti cara diet sehat secara alami. Lemak yang ada pada ikan salmon malah akan membuat anda cepat kenyang sehingga dapat menghindar dari keinginan makan berlebihan. Selain sebagai sumber protein yang sangat diajurkan, ikan salmon dapat menunjang penampilan anda. Diet yang anda lakukan dapat menyebabkan kulit kehilangan lemak. Omega 3 ikan salmon dapat membantu mencukupi kebutuhan lemak yang diperlukan oleh tubuh. Maka dari itu, kulit anda akan terhindar dari kusam.

  1. Daging Tanpa Lemak

Tidak ada salahnya mengkonsumsi daging saat sedang diet. Ini dikarenakan anda membutuhkan asupa protein untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Protein sangat dibutuhkan bagi orang yang sedang diet. Hanya saja daging yang seharusnya dimakan adalah daging tanpa lemak. Potongan daging tanpa lemak mengandung kalori lebih sedikit sehingga menghindarkan anda dari obesitas dan tetap menjaga berat tubuh dalam kondisi ideal.

  1. Telur

Telur mudah didapatkan sehingga tidak membebani diet anda. Harganya pun sangat terjangkau sehingga dapat dikatakan sebagai diet yang murah. Sumber protein dari telur menjadikannya alasan sebagai makanan yang dianjurkan. Telur bisa dimasak dengan berbagai variasi. Rasa telur yang enak, tidak akan memaksa anda untuk mengkonsumsi makanan lain yang terasa aneh di lidah. Olahan telur yang baik untuk diet adalah direbus.

Ada banyak makanan yang bisa dimanfaatkan sebagai panganan saat diet. Hanya saja setiap makanan tersebut harus memenuhi aturan yang telah dianjurkan. Dengan menjalankan diet sehat secara alam, setidaknya dapat menghindarkan diri anda dari mengkonsumsi obat pelangsing. Daripada menggunakan bahan kimia, tentu lebih sehat bila rutin mengkonsumsi makanan dari bahan alami.