Cara Diet OCD Dan Tips Penting Lainnya

Diantara sekian banyak metode penurunan berat badan yang bisa Anda pilih, salah satu yang paling populer saat ini adalah diet COD. Teknik atau cara diet OCD adalah suatu program pelangsingan tubuh yang sejak beberapa tahun lalu mulai dikenalkan pada masyarakat oleh artis terkenal, Deddy Corbuzier dari Indonesia.

OCD sendiri merupakan singkatan dari Obsessive Corbuzier’s Diet. Saat ini program diet tersebut semakin disukai banyak orang dan tidak sedikit pula yang berpendapat positif. Untuk itu tidak ada salahnya Anda memilih program tersebut, apalagi jika ingin menurunkan berat badan secara alami.

Inti utama dari pelaksanaan program diet OCD adalah mengatur pola makan. Namun metode ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan dibanding program diet lainnya. Biasanya program diet itu dilakukan dengan cara mengurangi konsumsi makanan tertentu. Tapi sebaliknya, program diet OCD justru membolehkan Anda mengkonsumsi jenis makanan apa saja sesuai keinginan.

Namun yang perlu diingat, konsumsi makanan tersebut tetap ada batasnya dan tidak boleh terlalu berlebihan. Pengaturan polan makan dalam program diet OCD ini seringkali disebut dengan istilah jendela makan. Istilah tersebut merujuk kepada suatu sistem pengaturan waktu untuk menentukan kapan sebaiknya Anda menyantap makanan. Penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut.

Cara Diet OCD Dan Tips Penting Lainnya

4 Jendela Makan Diet OCD

  1. Jendela Makan Pertama

Saat menjalankan program diet OCD, Anda mempunyai waktu untuk menyantap makanan selama kurang lebih 8 jam. Setelah itu harus melakukan puasa atau tidak boleh makan dalam jangka waktu 16 jam.

Misalnya kegiatan sarapan dilakukan pada pukul 10 pagi. Setelah itu selama sekitar 8 jam, Anda tidak boleh makan lagi. Lalu pada pukul 6 sore, Anda diperbolehkan menyantap makanan apa saja sesuai selera atau keinginan tapi secara wajar saja tidak boleh berlebihan. Kemudian pada rentang waktu berikutnya selama 16 jam, puasa makanan harus dijalankan lagi dan hanya boleh minum air putih saja.

Jendela makan pertama ini bisa dijalankan selama beberapa hari bahkan beberapa minggu hingga Anda mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan pengaturan pola makan tersebut. Jika sudah dapat menyesuaikan diri, langsung saja menjalankan program selanjutnya yang dinamakan jendela makan kedua.

  1. Jendela Makan Kedua

Jendela makan kedua merupakan sebuah cara diet OCD, dimana Anda akan mendapat kebebasan menyantap makanan selama 6 jam setiap hari dan 18 jam lainnya dipakai untuk berpuasa. Misalnya pada pukul 11 siang hingga siang hingga pukul 5 sore Anda bisa mulai menyantap makanan jenis apa saja yang digemari. Setelah itu langsung berpuasa selama 18 jam.

Ketika Anda telah terlanjur terbiasa melakukan pola jendela makan pertama, mungkin akan merasa kesulitan melakukan diet ini pada jendela makan kedua ini. Kesulitan ini bisa diatasi dengan teknik penggabungan.

Contohnya, dalam rentang 6 hari Anda melaksanakan program jendela makan pertama. Sedangkan 1 hari lainnya pada setiap pekan, program yang dijalankan berupa jendela makan kedua. Lakukan langkah ini secara terus menerus sampai tubuh Anda dapat menyesuaikan diri dengan pelaksanaan program jendela kedua.

  1. Jendela Makan Ketiga

Dalam pelaksanaan program diet OCD di tingkat jendela makan ketiga, Anda mempunyai waktu makan yang makin terbatas. Di tingkat ini, Anda hanya boleh menyantap makanan dalam jangka waktu tidak lebih dari 4 jam saja. Sedangkan 20 jam lainnya harus digunakan untuk berpuasa.

Misalnya Anda memutuskan mulai menyantap makanan pada pukul 11 siang, maka harus diakhiri pada pukul 3 sore. Sesudah itu langsung berpuasa selama kurang lebih 20 jam. Jika merasa terlalu berat dan belum kuat menjalankannya, dapat memadukannya lebih dahulu dengan program jendela makan pertama dan kedua.

Misalnya dari hari Senin hingga Kamis melakukan program jendela makan yang pertama lalu pada hari Jumat sampai Sabtu menjalankan program jendela kedua. Setelah itu pada hari Minggu Anda bisa mencoba melaksanakan program jendela ketiga. Penggabungan ini dapat disesuaikan dengan keadaan dan kondisi tubuh. Bahkan dengan berseling-seling antara jendela pertama, kedua hingga ketiga setiap hari, juga diperbolehkan.

  1. Jendela Makan Keempat

Berlanjut ke cara diet OCD pada jendela makan keempat, di tingkat ini Anda harus menjalankan puasa selama 24 jam penuh. Namun dalam puasa ini kegiatan makan tetap diperbolehkan. Adapun penentuan waktunya sesuai Anda sendiri. Misalnya ketika memutuskan makan pada jam 11 siang, setelah itu tidak boleh makan lagi hingga jam yang sama pada keesokan harinya.

Terlihat ekstrim, tapi Anda tetap bisa menyesuaikan diri lebih dulu dengan cara menggabungkan ketiga tingkatan jendela makan pertama, kedua dan ketiga. Barulah setelah kondisi tubuh mampu menyesuaikan diri, tingkatan jendela makan keempat ini boleh dilakukan secara penuh.

3 Tips Penting Jalankan Diet OCD

Ketika menjalani progam pelangsingan tubuh melalui metode diet OCD, kegiatan makan pagi atau sarapan memang tidak boleh Anda lakukan. Sebagai penemu metode tersebut, Deddy Corbuzier pernah mengungkapkan alasannya.

Pria ini berpendapat, menyantap sarapan akan membuat tubuh mendapatkan asupan insulin dalam jumlah berlebihan. Kandungan insulin yang terlalu banyak dalam tubuh ini bisa menimbulkan rasa kantuk. Jadi sebaiknya, kegiatan makan sebaiknya dilakukan sekitar 3 hingga 4 jam setelah Anda bangun dari tidur.

Selain menghindari sarapan, dalam pelaksanaan diet OCD ini, terdapat beberapa tips lainnya yang perlu Anda jalankan.

  1. Mengkonsi Makanan Dalam Batas Yang Wajar

Segala jenis makanan boleh Anda santap meski sedang menjalankan program diet OCD. Tapi perlu diingat, konsumsinya tetap dalam batas yang wajar saja tidak berlebihan. Apabila biasanya Anda menikmati makanan sebanyak 1 piring saja, maka ketika program cara diet OCD ini dilaksanakan tetap memakai porsi yang sama. Jadi jangan ditambah atau sebaliknya dikurangi.

  1. Melakukan Semua Program Secara Berjenjang

Khusus bagi Anda yang baru pertamakali melakukan program penurunan berat badan dan memilih teknik cara diet OCD untuk diet jangan langsung melaksanakan jendela makan di tingkat paling susah. Jadi semua harus diawali dari tingkat pertama hingga tubuh bisa beradaptasi atas perubahan pola makan sedang Anda jalankan.

Apabila pelaksanaan metode jendela makan pertama sudah berhasil, boleh ditingkatkan pada level berikutnya yaitu jendela makan kedua. Jangan langsung melangkah pada tingkatan jendela makan ketiga apalagi keempat karena bisa membuat tubuh jadi lemas dan mudah kena serangan penyakit. Anda memang harus bersabar diri jika ingin mendapatkan hasil diet yang maksimal secara aman.

Semua tingkatan dilakukan satu per satu hingga Anda merasa kuat untuk menjalankan tingkat yang lebih atas atau lebih susah. Jika semuanya mampu dilakukan dengan baik, tingkatan terakhir boleh dilakukan setiap hari tanpa kombinasi tingkatan lain selama beberapa hari atau beberapa pekan.

  1. Iringi Dengan Kegiatan Olahraga

Selama menjalani program diet OCD, Anda dilarang bermalas-malasan. Kegiatan rutin tetap harus dilakukan dan jangan pernah lupa berolahraga. Makin rajin melakukan olahraga, keinginan Anda untuk mempunyai tubuh langsing dengan berat yang ideal akan semakin mudah dan cepat tercapai.

Dalam hal ini, Anda memang tidak diharuskan melaksanakan olahraga yang sifatnya berat apalagi menyiksa. Misalnya jogging atau senam ringan, hal ini sudah mencukupi. Satu hal lagi yang tidak kalah penting, cara diet OCD ini tidak akan berhasil jika tidak disertai dengan komitmen tinggi. Jadi Anda dituntut selalu memiliki semangat tinggi meski kadangkala terasa susah dijalankan.

Kesaksian Bu Rahma Turun 20kg DENGAN CEPAT dan Hasil Permanen dengan Program Smart Detox Yuk tonton video dibawah ini

Klik Disini Untuk Program Smart Detox