Badan Kurus Padahal Banyak Makan, kok Bisa?

Anda pasti heran pada orang-orang yang memiliki badan kurus padahal banyak makan dan beranggapan bahwa mereka bebas dan tidak perlu khawatir makan apa saja dan kapan saja karena sebanyak apa pun makanan yang dimakan, badan mereka akan tetap kurus. Hal ini jelas saja membuat orang-orang yang memiliki berat badan berlebih iri karena kebanyakan dari mereka, makan sedikit saja, berat badan langsung bertambah.

Banyak Makan, tapi Badan Kurus

Ternyata, tidak selamanya banyak makan tetapi badan kurus itu menyenangkan. Mungkin bagi orang-orang yang dianugerahi “kelebihan” ini merasa sangat sulit untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Sebenarnya, apa penyebab hal ini bisa terjadi?

Berikut alasan kenapa badan kurus padahal banyak makan

Karena Mengalami Stres

Salah satu penyebab badan tetap kurus meskipun makan banyak adalah faktor psikologi, seperti stres. Biasanya, orang-orang yang sedang mengalami stres akan mengonsumsi banyak makanan, tetapi tidak mengandung gizi yang seimbang. Pada akhirnya, mereka akan memiliki pola makan yang tidak tepat dan tidak teratur.

Karena Menderita Penyakit Kronis

Biasanya, badan orang yang menderita penyakit kronis akan tetap kurus meskipun sudah makan banyak. Hal ini terjadi karena kalori makanan yang dikonsumsi tidak akan diserap dan menjadi otot, tetapi hanya memberi energi untuk melawan penyakit kronis tersebut.

Adapun penyakit kronis yang membuat seseorang makan banyak, tetapi badan kurus adalah bulimia, diabetes, diare, demensia, disfagia (kesulitan menelan), gangguan di kelenjar tiroid (hipertiroidisme dan hipotiroidisme), gangguan di sistem pencernaan (peradangan usus, penyakit celiac, dan penyakit tukak lambung), HIV dan AIDS, kanker, lupus, malnutrisi, masalah gigi dan mulut, rheumatoid arthritis, penyakit ginjal, penyakit hati, penyakit jantung, penyakit paru-paru, dan TBC.

Karena Faktor Genetika

Faktor genetika memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan bentuk badan seseorang. Menurut seorang dokter, trainer, dan motivator kesehatan bernama dr. Phaidon Lumban Toruan, ada 3 faktor genetika yang menentukan bentuk badan seseorang, yaitu ectomorf, endomorf, dan mesomorf.

Ectomorf adalah faktor genetika kurus yang dimiliki oleh seseorang sejak lahir hingga dewasa, endomorf adalah faktor genetika gemuk yang dimiliki oleh seseorang sejak lahir hingga dewasa, dan mesomorf adalah faktor genetika berbadan kekar. Badan orang-orang yang memiliki mesomorf akan terlihat berotot sejak kecil dan akan semakin menjadi saat dewasa.

Karena Kelelahan

Menjalani aktivitas yang padat akan membuat Anda merasa kelelahan. Rasa lelah ini tidak akan hilang meskipun sudah makan banyak karena kalori yang didapatkan dari makanan tersebut akan terus terbakar selama Anda masih menjalani banyak aktivitas. Jadi, tidak heran jika badan Anda akan tetap kurus.

Karena Memiliki Sistem Metabolisme Tinggi

Sistem metabolisme setiap orang berbeda-beda. Orang-orang yang makan banyak tetapi badan kurus berarti memiliki sistem metabolisme tinggi yang membakar kalori lebih banyak dan membuat makanan lebih cepat dicerna sehingga tidak menimbulkan timbunan lemak di badan.

Karena Olahraga Yang Berlebihan

Melakukan olahraga yang berlebihan meskipun makan banyak akan membuat badan Anda tetap kurus. Hal ini dikarenakan asupan kalori sebagai energi tidak sebanding dengan energi yang dikeluarkan.

Karena Pola Makan Yang Tidak Tepat

Meskipun banyak makan, tidak berarti sudah mendapatkan asupan gizi yang tepat. Bisa saja dari makanan yang Anda konsumsi, asupan kalori, lemak, protein, dan karbohidratnya tidak seimbang. Selain itu, makan tidak teratur juga menjadi salah satu penyebab badan tetap kurus meskipun banyak makan. Nah jika anda menjalankan program Smart Detox ini juga dapat membantu tubuh anda lebih gemuk dengan pola khusus untuk penggemuk badan.

Itulah beberapa penyebab banyak makan, tetapi badan kurus yang harus diketahui, terutama oleh orang-orang yang berat badannya mudah bertambah meskipun hanya makan sedikit. Tuhan menciptakan manusia dengan kelebihan dan kekurangan. Karena itu, sayangi dan hargailah diri Anda apa adanya.