Artikel Diet Sehat untuk Remaja yang Bermanfaat Bagi Pertumbuhan

Usia remaja adalah usia pertumbuhan sehingga banyak sekali perubahan yang terjadi. Baik dari perilaku, rasa emosional, dan lain sebagainya. Agar bisa menjadi remaja yang sehat maka diperlukan yang namanya diet sehat dan seimbang. Diet yang dimaksud di sini bukan untuk menurunkan berat badan tapi untuk membuat kebutuhan gizi mereka cukup. Ketahui lebih dalam mengenai diet sehat di artikel diet sehat untuk remaja supaya pertumbuhannya bisa baik.

Artikel Diet Sehat untuk Remaja yang Bermanfaat Bagi Pertumbuhan

Artikel Diet Sehat untuk Remaja

Artikel diet sehat kebanyakan membahas mengenai cara diet yang tepat untuk menurunkan berat badan. Namun tidak selamanya diet berhubungan dengan penurunan berat badan. Ada juga untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Kebiasaan makan untuk remaja yang baik adalah setiap harinya makan utama sebanyak 3 kali dan 2 – 3 kali mengonsumsi camilan yang  sehat. Setiap harinya perlu diperhatikan juga jumlah kalori yang diperlukan agar pembakaran energi dalam setiap harinya juga baik.

Jumlah kalori setiap remaja berbeda, tergantung dengan jenis kelamin, usia, berat dan tinggi badan, dan banyaknya aktivitas fisik yang dijalani. Jika diambil secara umum maka kalori yang diperlukan mereka setiap harinya adalah sekitar 1.800 kalori.

Dengan besaran kalori seperti itu maka dalam 1 minggu remaja bisa mengalami penurunan berat badan dari 0,5 – 1 kg. Penurunan ini akan baik jika terjadi pada remaja yang memang mengalami berat badan yang berlebih.

Untuk menu sarapan, agar berat badan terjaga, seorang remaja yang masih menjalani banyak aktivitas lebih baik mengonsumsi makanan mengandung biji-bijian misalnya sandwich dari bahan roti gandum yang diberi selai kacang. Bisa juga dengan mengonsumsi telur rebus dan irisan alpukat.

Supaya sehat, jangan lupa minum susu skim, bisa dicampur dengan potongan buah segar agar mendapatkan asupan vitamin dan kalsium. Menu sarapan lain yang bagus adalah overnight oats yang sudah dibuat pada malam hari sebelum sarapan keesokan harinya. Ini adalah makanan dari campuran oats, yoghurt, granola dan buah.

Selain susu, jangan lupa minum segelas air putih di pagi hari. Akan lebih baik dibandingkan minum teh dan kopi. Jus buah juga lebih baik dihindari apabila menggunakan tambahan susu dan gula.

Selanjutnya, untuk makan siang lebih baik jika remaja membawa bekal ke sekolahnya. Supaya pemenuhan gizi dapat terkontrol dengan baik. Menu makan siang yang baik adalah makanan yang mengandung karbohidrat pati dan protein.

Contoh makanan untuk makan siang yang bagus juga adalah roti gandum. Namun isiannya bisa lebih bervariasi seperti irisan daging sapi, tuna, salmon, dada ayam, dan kalkun. Lalu konsumsi satu mangkuk salad buah yang masih segar pasti akan membuat makan siang Anda lebih enak.

Kemudian, untuk makan malam baiknya hanya konsumsi sayuran, dan buah-buahan yang berwarna-warni. Dengan mengonsumsinya maka bisa mencukupi kebutuhan mineral dan vitamin. Jika sesekali makan nasi tidak apaa-apa. Anda bisa coba membuat nasi goreng tapi bukan dengan minyak melainkan mentega lalu isiannya gunakan kacang polong dan bayam supaya menyehatkan.

Untuk minumnya, konsumsi air putih saja. Jika Anda makan belum terlalu malam lalu ketika mau tidur sudah merasa lapar maka tidak mengapa jika Anda ingin ngemil. Namun cemilannya harus diperhatikan, paling baik adalah yoghurt yang bebas lemak, dan beri buah-buahan sebagai topingnya.

Makanan-makanan pada artikel diet sehat untuk remaja ini harus sering dikonsumsi agar tubuh terus berada dalam kondisi yang baik. Konsumsi secara konsisten dan jadikan gaya hidup sehat sampai dewasa nanti. Awalnya mungkin berat tapi jika sudah lama pasti akan terbiasa.

BACA JUGA: Diet Makanan dan Diet Uang: Hemat Pangkal Kaya Sekaligus Sehat

Kesaksian Bu Rahma Turun 20kg DENGAN CEPAT dan Hasil Permanen dengan Program Smart Detox Yuk tonton video dibawah ini

Klik Disini Untuk Program Smart Detox