Herpes Zoster Menular Tidak? Berikut Penjelasannya

Pertanyaan seperti herpes zoster menular atau tidak sering di tanyakan banyak orang karena biasanya kita memang khawatir terkena penyakit seperti herpes zoster ini. Penyakit ini biasanya di tandai dengan timbulnya bintil kecir berisi cairan dan biasanya terasa nyeri. Penyebab penyakit ini di timbulkan oleh virus varicela zoster yang menjadi penyebab cacar air juga.

Herpes Zoster Menular Tidak Berikut Penjelasannya

Pengidap herpes zoster biasanya mengeluhkan rasa nyeri. Untuk mempercepat penyembuhan herpes zoster ini biasanya dengan menggunakan obat antivirus sehingga tidak terjadi komplikasi.

Gejala Herpes Zoster

Sering kali orang mengira kalau herpes zoster menular melalui sentuhan pada kulit karena gejala ini memang sangat terlihat pada permukaan kulit kita. Berikut adalah beberapa gejala herpes zoster:

  • Munculnya bintil di salah satu sisi tubuh seperti cacar air
  • Jaringan sekitar bintil terlihat membengkak
  • Bintil berkembang menjadi luka lepuh
  • Luka lepuh akan pecah dan menjadi luka berkerak lalu menghilang perlahan
  • Bintil yang berada di area mata dapat menganggu penglihatan

Bintil ini terasa nyeri seperti terbakar dan menjadi lebih parah jika tersentuh. Sebenarnya rasa nyeri ini sudah mulai timbul 2-3 hari sebelum bintil ini terlihat, dan biasanya masih akan terasa biarpun bintil ini sudah hilang.

Selain bintil dan nyeri, gejala lain pada penderita herpes zoster adalah:

  • Demam
  • Lemas
  • Sakit kepala
  • Silau terhadap cahaya

Herpes Zoster Menular Tidak?

Herpes zoster sebenarnya tidak menular karena penyakit ini merupakan kelanjutan dari cacar air. Tapi penderita herpes zoster dapat menjadi sumber penyebaran virus varicela zoster dimana orang yang terinfeksi virus ini dapat terkena cacar air. Untuk pencegahan nya sudah sempat kami tulis di artikel sebelum nya yang membahas tentang penyakit herpes.

Salah satu cara untuk mencegah herpes zoster adalah dengan vaksinasi. Terlebih untuk orang yang usia di atas 50 tahun sangat di sarankan untuk melakukan vaksinasi karena di usia ini orang lebih mudah terkena herpes zoster. Vaksin ini juga dapat di berikan kepada orang yang pernah terkena herpes zoster supaya penyakit ini tidak kambuh lagi. Biarpun tidak dapat mencegah sepenuhnya, vaksinasi setidaknya dapat mengurangi keparahan dari gejala penyakit ini dan mempercepat penyembuhan.