Alasan Mengapa Harus Menurunkan Berat Badan

Apakah berat badan Anda ideal? Terkadang itu menjadi pertanyaan yang muncul, namun apabila ternyata berat badan tidak ideal dan ketika bercermin membuat Anda semakin tidak percaya diri karena masalah berat badan, apakah Anda akan diam saja atau berusaha menurunkan berat badan? Semua jawabannya akan kembali pada diri Anda. Apa yang menjadi alasan Anda agar menjalani program diet?

Alasan Mengapa Harus Menurunkan Berat Badan

Alasan Mengapa Harus Menurunkan Berat Badan

  1. Jika Anda memiliki berat badan ideal bisa berpengaruh juga pada kemampuan daya ingat yang lebih baik sehingga bisa melindungi dari penyakit mudah lupa terutama untuk yang masih muda usia.
  2. Bagi perempuan bisa mengurangi penyakit seperti risiko kanker endometrium dan apabila tubuh Anda ideal dan sehat bisa mengurangi penyakit kanker lainnya seperti kanker payudara. Kedua penyakit kanker tersebut disebabkan adanya ketidakseimbangan pada hormon estrogen seorang perempuan. Jadi selain untuk menambah kepercayaan diri ternyata untuk seorang perempuan bisa juga untuk meghindari risiko penyakit yang bisa saja muncul.
  3. Lebih menjaga kesehatan jantung Anda karena orang yang gemuk risikonya lebih tinggi terkena penyakit searangan jantung. Untuk kesehatan jantung Anda rajinlah mengkonsumsi sayuran hijau dan berolahraga dengan rutin selain untuk kesehatan jantung bisa juga untuk menurunkan berat
  4. Agar tidak mudah sakit-sakitan, karena orang gemuk biasanya lebih mudah terkena penyakit dibandingkan orang yang memiliki berat badan yang ideal. Orang gemuk mudah merasakan nyeri pada beberapa oragan tubuhnya dan biasanya juga sulit untuk lebih banyak beraktivitas.
  5. Agar kondisi psikis bisa lebih baik dan terhindar dari stres dan depresi karena tubuh Anda sehat.
  6. Membuat organ pernapasan bisa lebih sehat sehingga penyakit asma dan paru-paru tidak mudah menyerang tubuh Anda jika kondisi tubuh sehat.

Masih banyak alasan lainnya yang membuat Anda berusaha untuk menurunkan berat badan. Bagi perempuan dan laki-laki bisa jadi dari segi estetika dengan tubuh yang ideal akan membuat mereka lebih percaya diri di dalam pergaulan dan bisa tampil lebih menarik. Sehingga banyak usaha yang dilakukan agar pogram diet bisa berjalan dengan sebaik-baiknya. Usaha yang bisa dilakukan di antaranya:

  1. Perkembangan program menurunkan berat badan harus selalu dipantau, agar tidak kecewa dan dengan mengikuti perkembangan juga akan lebih membantu agar berat badan bisa lebih cepat ideal. Dengan selalu mengecek berat badan Anda maka akan membuat Anda menjadi lebih semangat agar berat badan bisa lebih turun. Usahakan paling tidak secara rutin setiap minggu Anda menimbang berat badan agar diketahui perkembangannya.
  2. Membuat menu sehat dan jadwal makan setiap minggu dan agar tidak bosan cobalah untuk mengganti menu makan. Menu yang bervariasi juga bisa membuat Anda lebih bersemangat menjalani program tersebut.
  3. Makanlah buat ketika belum lapar sehingga badan lebih cepat kenyang dan akan mengurangi untuk mengkonsumsi camilan yang tidak sehat sehingga berat badan bisa lebih cepat turun. Ketika makan buah jangan mengkonsumsinya dengan menambahkan gula. Anda bisa langsung mengkonsumsi buah tersebut atau dibuat jus namun jangan pernah menambahkan gula agar pembakaran lemak di dalam tubuh bisa lebih cepat dan tubuh lebih mudah mencerna makanan sehingga program menurunkan berat bisa lebih maksimal.

Menguyah makanan lebih lembut akan membantu organ tubuh lebih cepat mencerna makanan. Usahakan makan makanan yang mudah dikonsumsi sehingga Anda tidak kesulitan ketika makan, hindari makanan yang sedikit mengandung serat dan lemak yang tidak sehat.

Baca Juga: Tips Diet Mudah Agar Berat Badan Jadi Ideal