5 Tips Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Setelah melahirkan biasanya seorang perempuan akan terlihat lebih gemuk. Bisa saja hal ini terjadi karena pada saat hamil nafsu makan begitu besar dan kondisi tersebut tidak dapat dibendung oleh Anda. Terutama bagi ibu-ibu muda menjadi gemuk menjadi ketakutan karena berat badan meningkat drastis dibandingkan sebelum kehamilan. Agar berat badan Anda bisa berkurang setelah melahirkan maka bisa diatasi dengan menerapkan pola hidup sehat.  Beberapa tips yang dapat dilakukan para ibu untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan, di antaranya adalah:

5 Tips Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

5 Tips Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

  1. Melakukan olahraga dengan rutin yang bisa dilakukan di rumah. Jika Anda melahirkan normal maka olahraga bisa dimulai setelah satu minggu melahirkan namun jika melahirkan lewat operasi caesar baru bisa dimulai setelah enam minggu setelah operasi, diantaranya olahraga yang bisa dilakukan adalah senam kegel, jalan pagi atau sore hari, sit up, push up, dan angkat beban. Sebelum melaksanakan olahraga ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan jenis olahraga apa yang cocok untuk Anda lakukan sesuai dengan kondisi tubuh dan kesehatan. Olahraga akan semakin membuat Anda bersemangat ketika mempunyai teman yang sama-sama berolahraga untuk tujuan menurunkan berat badan.
  2. Menyusui, bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan paling tidak selama enam bulan. Ini bisa terjadi karena dengan menyusui seorang ibu sama saja telah membakar kalori sekitar 200 s/d 500 kalori per harinya. Pembakaran kalori yang dihasilkan ketika Anda menyusui sama dengan seorang perenang yang berenang dalam waktu beberapa jam atau ketika Anda mengendarai sepeda motor sekitar satu jam perjalanan. Jadi menyusui juga ikut membantu program Anda untuk menurunkan berat badan.
  3. Bercengkerama dengan bayi, memiliki bayi bagi seorang ibu menjadi hal yang menyenangkan karena kehadiran buah hati bisa menjadi pelipur lara untuk kedua orangtuanya. Adanya aktivitas dengan bayi Anda akan membuat Anda lebih banyak beraktivitas sehingga bisa membantu membakar kalori di dalam tubuh dan mempercepat menurunkan berat badan pasca melahirkan. Cobalah untuk mengajak bayi Anda jalan santai dengan mendorong stroller atau bisa juga Anda menggendong bayi di sekitar rumah.
  4. Memperhatikan kebiasaan makan, makan yang baik dan sehat adalah dengan tetap rutin makan sebanyak tiga kali dalam sehari, dan perhatikan menu makan Anda. Menu sehat harus menjadi menu makan karena ini akan berpengaruh juga terhadap bayi Anda. Hindari camilan yang manis namun kurang baik untuk kesehatan seperti snack, gorengan, coklat, dan lain-lain. Untuk seorang ibu yang menyusui harus banyak mengkonsumsi air putih.
  5. Berkonsultasi dengan dokter atau pakar diet, ketika Anda telah berusaha namun masih membutuhkan bantuan maka pakar diet bisa membantu Anda untuk menyusun jenis makan yang seharusnya baik dikonsumsi dengan aman dan sehat. Dokter bisa membantu Anda menurunkan berat badan pasca melahirkan terkait jumlah berat badan yang harus diturunkan dengan melihat kondisi kesehatan Anda.

BACA JUGA: Resep Makanan yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Anda masih tertarik untuk menurunkan berat badan dengan mengikuti tips di atas? Maka selain itu buatlah target yang realistis untuk program tersebut agar program menurunkan berat badan pasca melahirkan bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, karena bagaimanapun setelah melahirkan Anda pasti disibukkan dengan kehadiran bayi kecil sehingga tidur yang cukup pun harus lebih diperhatikan agar ibu dan bayi sehat selalu dan berat badan Anda pun bisa turun lebih maksimal.