5 Cara Menguruskan Berat Badan Agar Tidak Terlihat Kurang Gizi

Kaum wanita cenderung merasa sensitif apabila ada yang mengomentari bahwa dirinya terlihat gemuk. Perempuan yang dianggap gemuk, akan merasa minder dan kurang percaya diri dalam pergaulan di lingkungannya. Itulah mengapa, banyak orang berusaha mencari cara menguruskan berat badan, untuk bisa mencapai tubuh yang kurus dan dianggap ideal.

Banyak orang yang beranggapan, bahwa seseorang memiliki tubuh gemuk semata karena memiliki kebiasaan makan yang banyak. Oleh karena itu, ketika mereka berkeinginan untuk menurunkan berat badannya, langkah yang dilakukan adalah dengan mengurangi porsi makanan. Dengan mengurangi porsi makanan, mereka berharap bisa mencapai berat badan yang ideal dan tidak lagi terlihat gemuk.

Cara Menguruskan Berat Badan

Padahal, mengurangi porsi makan belum tentu menjadi sebuah cara yang tepat untuk menguruskan berat badan. Karena berat badan yang berlebih, bukan semata diakibatkan kuantitas makanan yang dikonsumsi. Selain faktor makanan, kualitas makanan dan juga gaya hidup menjadi faktor yang mempengaruhi munculnya obestitas pada diri seseorang.

Tips Menguruskan Berat Badan

Banyak orang ingin memiliki tubuh yang kurus, namun enggan merasa tersiksa bila harus melakukan diet. Sebab, diet diidentikkan dengan mengurangi porsi makan dan mengubah kebiasaan makan seseorang secara drastis. Tentu anggapan ini harus diluruskan karena diet bukanlah berarti mengekang pola makan seseorang. Diet adalah sebuah sistem yang mengatur pola makan seseorang, agar bisa selaras dengan kebutuhan tubuh sehingga tidak menimbulkan timbunan sampah dalam tubuh akibat adanya asupan yang tidak dibutuhkan.

Ada beberapa cara untuk menguruskan berat badan secara benar sehingga tidak menimbulkan adanya kekurangan gizi pada seseorang. Cara tersebut antara lain:

  1. Makan Dengan Menggunakan Piring Kecil

Menikmati makanan dengan menggunakn piring yang berukuran lebih kecil, secara psiologis akan membuat Anda mau tidak mau harus mengurangi porsi makanan. Krena dengan menggunakan piring yang berukuran kecil, akan membuat piring cepat terlihat penuh. Sehingga Anda akan merasa bahwa sudah makan dengan porsi yang cukup. Secara tidak langsung, hal ini bisa memangkas asupan kalori yang berlebihan.

  1. Memilih Karbohidrat Yang Kaya Serat

Mengkonsumsi karboidrat dengan jenis yang kaya serat, sangat baik untuk mendukung program diet Anda. Karena karbohidrat yang penuh serat ini akan membuat Anda merasa lebih cepat kenyang. Contoh karbohidrat yang kaya akan serat ini antara lain beras merah atau juga gandum utuh. Selain merasa lebih cepat kenyang, dengan mengkonsumsi karbohidrat yang kaya lemak akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan tidak mudah merasa lapar.

  1. Mengganti Makanan Manis Dengan Menu Yang Lebih Sehat

Salah satu caranya adalah dengan mengurangi kebiasaan konsumsi gula. Bisa pula dengan mengganti gula menggunakan pemanis alami, seperti daun stevia. Karena daun stevia ini memiliki kandungan nol kalori, cocok untuk penderita diabetes dan peserta diet.

  1. Konsumsi Dua Gelas Air Putih Sebelum Makan

Kebiasaan meminum air putih sebelum makan sebanyak 2 gelas, akan membantu Anda merasa cepat kenyang. Dengan demikian, jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa dikurangi karena perut sudah terlebih dahulu terisi oleh air.

Teknik ini sudah diteliti dan memang cukup efektif untuk membantu mengurangi berat badan pada orang yang berutubuh gemuk.

  1. Perbanyak Konsumsi Protein

Makanan yang mengandung protein, adalah nutrisi penting untuk menjaga otot tubuh yang sedang mencoba menurunkan lemak. Dengan demikian, tidak akan menyebabkan tubuh kurus dengan lemak yang berlebih.

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan dalam 7 – 20 hari

Kesaksian Bu Rahma Turun 20kg DENGAN CEPAT dan Hasil Permanen dengan Program Smart Detox Yuk tonton video dibawah ini

Klik Disini Untuk Program Smart Detox