4 Menu Diet Cepat Kurus Pengganti Nasi

Salah satu tantangan terberat ketika menjalani program diet adalah timbulnya rasa bosan karena mengonsumsi menu diet yang monoton. Akibatnya, banyak orang yang gagal menjalankan program ini, karena tidak mampu mengatasi rasa bosan yang muncul setelah beberapa waktu mengonsumsi menu makanan yang selalu sama. Selain itu, banyak yang percaya bahwa dalam menjalankan program penurunan berat badan, Anda harus mengurangi konsumsi nasi putih. Sebab, nasi putih tidak cocok dijadikan menu diet cepat kurus. Hal ini tidaklah salah, karena dengan membatasi porsi nasi akan membantu penurunan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga menu nasi bisa digantikan dengan jenis makanan yang lain yang memiliki fungsi sama sebagai penghasil karbohidrat namun dengan kandungan kalori yang lebih sedikit.

4 menu diet cepat kurus pengganti nasi

Dengan mengurangi konsumsi nasi putih, sebenarnya bukan hanya akan membuat Anda menjadi lebih cepat berkurang berat badannya. Namun, dengan mengurangi konsumsi nasi putih, akan menjadikan gula darah serta kadar kolesterol dalam tubuh menjadi lebih stabil. Dengan demikian badan akan terasa lebih sehat dan nyaman saat beraktivitas.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa seorang yang ingin menjalani program diet, selalu dianjurkan untuk mengurangi asupan nasi putih. Konsumsi nasi putih, disarankan untuk digantikan dengan menu lain, guna membantu proses keberhasilan menurunkan berat badan. Namun demikian, hal ini khususnya bagi masyarakat Indonesia bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan.

Mengingat, nasi sudah menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia sejak dahulu. Bahkan ada ungkapan yang menyebutkan apabila belum makan nasi, masyarakat Indonesia menganggap bahwa diri mereka belumlah makan. Meski sebenarnya, mereka sudah mengosumsi roti sebagai pengganti nasi.

4 Menu Diet Cepat Kurus Pengganti Nasi

Dengan situasi seperti ini, kiranya perlu ada pemahaman sebelum menjalankan program diet mengenai makanan pengganti nasi sebagai makanan pokok ini. Masyarakt Indonesia, rata-rata mengonsumsi menu nasi sebanyak tiga kali setiap harinya. Dan kebutuhan ini harus bisa dicukupi oleh makanan pengganti yang lebih sehat namun memiliki fungsi yang sama sebagaimana nasi.

Ada beberapa jenis menu diet cepat kurus yang bisa dikonsumsi selain nasi sebagai penghasil karbohidrat. Beberapa menu tersebut antara lain:

  1. Quinoa Merah atau Putih

Menu ini sangat baik digunakan sebagai pengganti nasi karena memiliki kandungan protein yang sangat tinggi pada setiap butirnya. Selain itu, quinoa mempunyai kandungan semua asam amino esensial. Quinoa adalah bijian yang secara alami bebas gluten, serta memiliki kandungan serat yang cukup kaya.

  1. Kembang Kol

Kembang kol ini sangat mudah ditemukan di pasar. Jenis sayuran ini bisa dimanfaatkan sebagai pengganti nasi yang cukup baik karena kandungan kalorinya cukup rendah. Selain itu, dalam kembang kol ini terkandung karbohidrat guna memenuhi kebutuan energi yang rendah lemak. Pun, kembang kol memiliki kandungan vitamin C yang sangat tingg.

  1. Brokoli

Mirip dengan kembang kol, sebagai alternatif pengganti nasi yang sehat dan rendah kalori. Pun, sayuran ini sangat baik untuk menurunkan berat badan karena kaya akan serat sehingga Anda tidak mudah merasa lapar. Sayuran ini bisa dikonsumsi setiap hari dengan berbagai olahan yang tidak digoreng.

  1. Beras Merah

Nasi merah berbeda dengan nasi putih meskipun sama-sama beras. Beras merah ini sangat baik dikonsumsi terutama pada mereka yang memiliki keluhan gula darah serta kolesterol yang tinggi. Dengan mengonsumsi beras merah, selain akan membuat Anda tida mudah lapar, menu diet cepat kurus ini juga membantu menjaga kestabilan gula darah Anda.

BACA JUGA: 7 Khasiat Minuman Yang Bisa Menurunkan Berat Badan