4 Cara Mudah Melakukan Program Diet Alami

Banyak program diet yang menawarkan janji hasil cepat dan murah. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan berat badan, tawaran ini tentu cukup menggiurkan. Terutama apabila Anda menginginkan untuk mempunyai bentuk tubuh dan berat badan ideal. Namun demikian, dari sekian banyak jenis program diet, salah satu yang paling aman untuk dilakukan adalah dengan menjalani program diet alami.

4 Cara Mudah Melakukan Program Diet Alami

Lalu, apa yang dimaksud program diet alami itu? Program diet alami merupakan metode untuk mengurangi berat badan sehingga mencapai angka ideal, dengan memanfaatkan bantuan dari alam. Sehingga dalam metode ini tidak menggunakan berbagai jenis obat-obatan yang justru bisa membahayakan kesehatan tubuh Anda.

Sebab, dalam program diet yang baik, dilakukan bukan untuk mengurangi porsi makan secara berlebihan guna mencegah penambahan berat badan. Diet yang baik, merupakan proses untuk mengatur pola makan yang seimbang, sehingga kebutuhan gizi Anda tetap terpenuhi melalui asupan yang tepat.

Berikut 4 Cara Mudah Melakukan Program Diet Alami:

Dalam program diet alami, terdapat beberapa metode yang sering dipilih untuk dilakukan. Pemilihan ini didasarkan pada efektivitas hasil yang bisa didapatkan dalam program diet tersebut. Beberapa metode diet alami ini antara lain:

  1. Diet Paleo

Merupakan program diet alami yang meniru konsep makanan yang dilakukan oleh manusia purba di zaman prasejarah. Dimana masyarakat di zaman tersebut mengkonsumsi beberapa jenis makanan alami seperti:

  • Sayuran
  • Ikan
  • Daging tanpa lemak
  • Kacang-kacangan
  • Minyak nabati
  • Biji-bijian

Dalam diet ini, Anda harus menghindari beberapa jenis makanan yang mengandung gula, ubi, garam, biji sereal, susu serta makanan dan minuman olahan. Jenis diet ini mungkin menjadikan makanan dan minuman terasa hambar. Selain itu, berisiko pada kurangnya asupan kalsium serta karbohidrat.

  1. Diet 5:2

Merupakan metode diet yang mengatur bahwa Anda hanya boleh makan selama 5 hari saja, sementara untuk 2 hari waktu yang tersisa Anda harus berpuasa. Dalam penelitian yang dilakukan, jenis diet seperti ini efektif mengurangi risiko penyakit mematikan, seperti Diabetes type 2. Selain itu, diet ini bisa memperpanjang usia dan mencegah terkena penyakit Alzheimer dan kepikunan.

Efek samping dari diet seperti ini terjadi pada saat fase puasa. Dimana Anda akan mudah merasa pusing, dehidrasi, bau mulut serta mengantuk. Selain itu, tingkat konsentrasi juga menurun dan mudah marah. Bahkan pada beberapa orang yang menjalankan metode ini, akan mengalami fase sulit tidur.

  1. Diet Atkins

Program diet alami seperti ini, melarang Anda untuk mengkonsumsi segala makanan yang mengandung karbohidrat. Selain itu, program ini akan mendorong untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung lemak dan protein. Tujuan metode ini adalah, manakala perut terasa lapar karena tidak mengkonsumsi karbohidrat maka tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi.

Namun demikian, progam diet ini juga memberikan beberapa efek seperti mudah pusing, mulut kering, mudah lelah, insomnia serta yang paling buruk bisa menyebabkan menurunnya kesehatan jantung.

  1. Diet Dukan

Metode diet  ini lebih mengajak Anda untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung rendah lemak, rendah karbohidrat, namun memiliki kadar protein tinggi. Diet ini sengaja dibuat dengan tujuan agar Anda tidak mudah merasa lapar. Program ini menyediakan 100 jenis makanan yang di dalamnya mengandung 28 jenis sumber nabati dan 72 sumber hewani. Anda boleh memilih menu apa saja, selama masih termasuk dalam daftar 100 menu yang diijinkan tersebut.

Baca Juga: Teknik Program Diet Cepat Yang Jadi Rujukan