3 Tips Memilih Buah dan Resep Jus Untuk Diet

Salah satu cara terbaik untuk menjalankan program penurunan berat badan adalah mengkonsumsi buah-buahan yang dibuat menjadi minuman jus. Tetapi sebelum memilih minuman jus untuk diet, Anda harus dapat memastikan lebih dulu bahwa buah-buahan tersebut dapat memunculkan rasa kenyang dalam jangka waktu lebih lama.

Selain itu masih ada beberapa masalah lain yang juga perlu diperhatikan, terutama yang memiliki kaitan erat dengan jumlah kalori, kadar gula maupun komposisi lainnya dalam buah-buahan yang akan dijadikan minuman jus. Dalam hal ini, Anda diharuskan melakukan pemilihan buah-buahan secara pas dan tepat dan berikut ini ada 3 tips terpenting yang bisa dilaksanakan.

3 Tips Memilih Buah dan Resep Jus Untuk Diet

Tips Memilih Buah Jus Untuk Diet

  1. Memilih Buah Dengan Kandungan Serat Tinggi

Saat sedang menjalankan program diet atau pelangsingan tubuh dan memilih minuman jus sebagai salah satu menu harian, Anda sangat disarankan untuk mengutamakan buah-buahah yang memiliki kandungan serat tinggi. Tujuan dari pemilihan ini adalah untuk menghadirkan perasaan kenyang secara lebih lama. Sehingga nantinya asupan makanan yang masuk dalam tubuh dapat dikontrol sebaik mungkin.

Buah-buahan yang kaya kandungan serat merupakan sumber asupan paling tepat bagi Anda yang punya keinginan tinggi untuk menurunkan berat badan. Buah tersebut bisa menimbulkan perasaan kenyang dalam jangka waktu yang lama karena proses pencernaannya juga butuh waktu yang tidak sebentar. Secara langsung hal ini membuat nafsu makan Anda jadi berkurang. Jadi jumlah asupan makanan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, tidak terlalu berlebihan.

Adapun jenis jus untuk diet terbaik yang dapat dipilih karena mempunyai kandungan serat tinggi antara lain adalah apel, jambu biji, mangga, leci dan jeruk. Dalam setiap butirnya, buah apel dapat memenuhi kebutuhan serat untuk tubuh hingga 10%. Sedangkan jambu biji 22%, mangga 6%, leci 5%, dan jeruk 10%.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan jika jampu biji merupakan bahan terbaik untuk membuat minuman jus bagi Anda yang sedang diet. Akan tetapi, tentu saja, jika dikonsumsi setiap hari pasti akan menimbulkan rasa bosan. Oleh karena itu, harus selalu divariasi dengan beberapa jenis buah lainnya yang sama-sama memiliki kandungan serat tinggi sebagai alternatif.

Selain itu jika ingin menghadirkan rasa yang lezat sekaligus mengoptimalkan manfaat kandungan serat yang terdapat dalam buah-buahan tersebut minuman jus ini bisa dicampur dengan bahan lain. Terutama sekali sayur-sayuran dan ramuan alami atau herbal yang mampu membantu tubuh dalam melancarkan sirkulasi darah dan sistem metabolisme atau pencernaan. Selain itu yang tidak kalah penting, memiliki kemampuan tinggi untuk menghilangkan racun atau detoksifikasi dan membuat tubuh jadi semakin sehat.

  1. Waktu Terbaik Untuk Mengkonsumsi Jus

Selama menjalani program diet dan pelangsingan tubuh, Anda harus mampu mematuhi pengaturan jadwal santap makan. Maksud dari pengaturan jadwal santap makan ini tidak lain adalah agar berat tubuh dapat menurun secara aman hingga mencapai angka paling ideal. Dari sini kemudian muncul satu pertanyaan kapankan waktu terbaik untuk mengkonsumsi minuman jus?

Jawaban paling tepat atas pertanyaan tersebut adalah pagi hari. Selain itu akan menjadi lebih bagus lagi apabila konsumsi minuman jus tersebut dilakukan sekitar ½ jam sebelum menyantap makanan utama.

Pagi hari merupakan waktu terbaik untuk mengkonsumsi minuman jus, khususnya bagi Anda yang sedang melaksanakan diet. Alasannya adalah karena pada waktu tersebut kondisi perut belum terisi dan masih kosong. Selain itu minuman yang rasanya manis, terutama yang bersumber dari buahan tidak akan sempurna proses pencernaan dan penyerapannya apabila dikonsumsi pada waktu yang bersamaan dengan acara santap makanan utama.

Sehingga dengan mengkonsumsi minuman jus buah sekitar ½ jam sebelum menikmati makanan, Anda dapat mengontrol dan mengurangi nafsu makan yang berlebihan. Apalagi jika minuman jus tersebut dibuat dari buah-buahan yang kandungan seratnya lebih tinggi, menjadi semakin tepat dan cocok dipilih sebagai pilihan utama minuman untuk diet.

  1. Menentukan Porsinya

Tips berikutnya yang tidak boleh Anda dilupakan ketika memilih minuman jus untuk menunjang program diet adalah urusan porsi. Sebelumnya harus dipahami lebih dulu apabila porsi konsumsi atau kebutuhan buah-buahan setiap orang itu tidak selalu sama. Hal ini berhubungan erat dengan berat badan dan usia orang tersebut.

Bagi Anda yang sudah memasuki usia dewasa atau paling tidak 25 tahun keatas, jumlah kebutuhan dan konsumsi buahnya adalah sebanyak 80 gram per hari. Jika buahan ini dijadikan minuman jus untuk diet harus ditambah dengan air matang sebanyak kurang lebih 150 ml. Selain itu tidak boleh diberi pemanis buatan. Dengan jumlah porsi tersebut perut Anda bisa terasa kenyang dalam jangka waktu lama tanpa ada efek samping.

Contoh Resep Pembuatan Minuman Jus Untuk Program Diet

Untuk menghindari rasa bosan terhadap jus yang Anda konsumsi setiap hari selama menjalani diet, ada beberapa contoh resep minuman yang bisa dibikin sendiri secara mudah dan praktis.

  1. Jus Apel Dan Sayuran Ditambah Jahe

Jus yang dibuat dari kombinasi apel, sayuran dan jahe dipercaya dapat membuat berat tubuh akan mengalami penurunan secara aman sekaligus melancarkan proses pencernaan. Bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat minuman jus ini adalah 1 butir buah apel atau buah lainnya ukuran sedang dan daun bayam sebanyak 1 gelas. Sedangkan untuk jahenya 1 ruas cukup jari saja. Selain itu perlu ditambah dengan jeruk nipis dan mentimun masing-masing sebanyak 1 butir.

Setelah semua bahan tersebut tersedia, langsung saja buah apel dipotong kecil-kecil dan dibuang bijinya. Demikian pula dengan bahan-bahan lainnya, lalu dijadikan satu dan dihaluskan memakai mixer atau blender dengan campuran air matang sebanyak 1 gelas. Berikutnya minuman jus untuk diet ini bisa langsung dinikmati sebelum makan.

  1. Jus Jambu Biji Dan Kemangi

Kemangi adalah sayuran yang sering dijadikan lalapan oleh masyarakat dan sangat kaya dengan kandungan zat besi, magnesium, kalsium, potasium beserta vitamin A, C dan K. Jadi sangat bagus sekali dijadikan campuran dalam minuman jus buah misalnya jambu biji.

Jika ingin membuat jus tersebut, Anda perlu menyiapkan bahan-bahannya yang terdiri dari daun kemangi sebanyak 1 cangkir. Untuk buahnya terdiri dari jambu biji, mentimun dan tomat masing-masing sebanyak 1 butir dan dipilih yang ukurannya sedang. Selain itu sediakan pula garam dan madu secukupnya. Untuk jambu biji, dapat diganti dengan buah lain sesuai selera.

Cara membuatnya, pertama semua buah dibersihkan dan dipotong-potong kecil. Setelah itu tinggal dimasukan dalam mesin blender bersama dengan daun kemangi. Kemudian untuk menghadirkan cita rasa yang lebih lezat dan segar, bisa ditambah dengan garam dan madu sesuai keinginan tetapi tidak boleh terlalu berlebihan. Terutama sekali untuk garamnya.

  1. Jus Buah Dicampur Ubi Jalar

Selain sayuran, ubi jalar juga sangat bagus dijadikan campuran minuman jus bagi Anda yang lagi menjalankan program diet. Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya adalah buahan yang dapat disesuaikan menurut selera, sebutir ubi jalar dan daun seledri. Khusus buahnya, bisa menggunakan beberapa jenis buah sekaligus.

Semua bahan tersebut dijadikan satu kemudian dimasukan dalam mesin blender dan ditambah air matang sebanyak 1 gelas. Jika diminum secara rutin, minuman jus untuk diet ini dapat membuat berat tubuh Anda menurun secara alami tanpa ada efek negatif sedikitpun terhadap kesehatan.