10 Pantangan Saat Diet Mengecilkan Perut

Memiliki perut buncit pasti membuat Anda merasa tidak nyaman, sulit bergerak, menjadi tidak percaya diri, dan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Perut buncit terjadi karena adanya penumpukan lemak viseral di sekitar organ dalam badan yang tidak dapat dilihat serta lemak subkutan di bagian bawah perut yang dapat dilihat dan dicubit. Untuk menghilangkan penumpukan lemak tersebut, Anda dapat melakukan diet mengecilkan perut dengan memperhatikan 10 pantangan berikut ini.

Diet Mengecilkan Perut

Berikut 10 Pantangan Saat Diet Mengecilkan Perut

1. Tidak Membeli Makanan Saat Lapar

Biasanya saat lapar, Anda akan membeli berbagai makanan yang terlihat enak dan menggugah selera tanpa memikirkan kandungan nutrisinya. Anda juga akan makan dengan cepat sehingga tidak memberikan waktu bagi pencernaan untuk bekerja secara maksimal. Hasilnya, terjadi penumpukan lemak yang membuat perut Anda semakin membuncit.

2. Tidak Mengonsumsi Air Es

Jika ingin mengecilkan perut, Anda sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi air es. Sebagai gantinya, konsumsilah air hangat agar lemak-lemak yang ada di dalam perut Anda menjadi luruh.

3. Tidak Mengonsumsi Junk Food

Meskipun sangat menggugah selera, junk food tidak memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh badan dan hanya membuat Anda kenyang sehingga dapat membuat perut Anda membuncit.

4. Tidak Mengonsumsi Minuman Berkalori Tinggi

Minuman berkalori tinggi menjadi minuman yang pantang dikonsumsi saat diet mengecilkan perut. Biasanya, minuman berkalori tinggi mengandung pemanis buatan yang juga tinggi. Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi jus buah, jus sayuran, kopi, atau teh tanpa tambahan pemanis.

5. Tidak Mengurangi Asupan Air Putih

Salah satu hal yang membuat perut Anda buncit adalah kurangnya asupan air putih. Padahal, mengonsumsi air putih, terutama air putih yang hangat, dalam jumlah yang cukup dapat meluruhkan lemak di perut, melancarkan saluran pencernaan, dan mencegah dehidrasi. Agar diet yang Anda lakukan berhasil, konsumsilah air putih setelah bangun tidur dan setiap 2 jam setiap hari.

6. Tidak Melewatkan Sarapan

Meskipun sedang menjalankan diet, bukan berarti Anda harus meninggalkan sarapan. Sarapan tetap harus dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan atau sayuran. Hal ini untuk menekan rasa lapar yang luar biasa saat jam makan selanjutnya.

7. Tidak Lupa Mencatat Perkembangan Berat Badan

Mencatat perkembangan berat badan dapat membuat Anda semakin bersemangat untuk menjalankan program diet mengecilkan perut, apalagi jika dalam catatan, berat badan Anda terus menurun hingga mendekati berat badan yang ideal.

8. Tidak Malas Bergerak

Malas bergerak akan membuat perut Anda buncit karena pembakaran kalori yang terjadi di dalam badan sangat rendah. Singkirkan rasa malas tersebut dan mulailah untuk bergerak aktif. Jika memang tidak miliki waktu luang untuk berolahraga, Anda dapat melakukan gerakan-gerakan sederhana, seperti naik turun menggunakan tangga atau berjalan kaki.

9. Tidak Tidur Larut Malam

Tidur larut malam akan memberikan Anda peluang besar untuk mengonsumsi camilan yang dapat menyebabkan perut buncit dan obesitas. Tidur larut malam juga akan membuat kerja metabolisme Anda berubah.

10. Tidak Tidur Setelah Makan

Tidur setelah makan sangat tidak dianjurkan karena badan tidak dapat mencerna makanan yang dikonsumsi secara sempurna sehingga akan terjadi penumpukan lemak, racun, dan kotoran di dalam badan. Anda baru boleh memejamkan mata sekitar 1 jam setelah makan. Selain membuat perut buncit, tidur setelah makan juga akan membuat Anda terkena maag, refluks asam, dan stroke.

Itulah 10 pantangan yang harus dipatuhi saat diet mengecilkan perut. Tetapi dari semua pantangan tersebut, satu hal yang paling penting, yaitu tidak cepat menyerah karena berdiet membutuhkan proses.